Kompas.com - 15/04/2016, 12:55 WIB
Hingga berakhirnya jadwal pendaftaran SNMPTN, saat ini terdapat 852.093 siswa pendaftar SNMPTN 2015 yang berasal dari 15.317 sekolah, baik di dalam maupun Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri. www.shutterstock.comHingga berakhirnya jadwal pendaftaran SNMPTN, saat ini terdapat 852.093 siswa pendaftar SNMPTN 2015 yang berasal dari 15.317 sekolah, baik di dalam maupun Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
KOMPAS.com — Setelah ujian nasional (UN) sekolah menengah atas usai, saatnya memburu kampus idaman bagi para siswa yang ingin kuliah. Masalahnya, kampus mana?

Bicara idaman, tentu mau yang terbaik. Begitu juga dengan pencarian kampus ini. (Baca: Buat Persiapan... Catat, 10 Kampus Paling Diminati pada SBMPTN 2015).

Nah, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 2015 melansir daftar peringkat kampus di Indonesia.

Merujuk data itu, ini 10 peringkat tertinggi perguruan tinggi di Indonesia berikut nama familiar kampus itu:
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
4. Universitas Indonesia (UI)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
6. Universitas Brawijaya (Unibraw)
7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
8. Universitas Airlangga (Unair)
9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
10. Universitas Diponegoro (Undip)
 
Kriteria
 
Ada empat kriteria menjadi pedoman kementerian ini dalam menilai perguruan tinggi. Pertama, kualitas sumber daya manusia (SDM). Kedua, kualitas manajemen perguruan tinggi. Ketiga, kualitas kegiatan kemahasiswaan. Terakhir, hasil penelitian serta publikasi ilmiah.

Dari keempat kriteria itu dikenakan bobot untuk penghitungan skor. Rinciannya, indikator SDM yang secara khusus menilai kualitas dosen memiliki bobot 12 persen dan kecukupan dosen berbobot 18 persen.

Adapun indikator kualitas manajemen mendapat bobot penilaian 30 persen. Sementara itu, indikator kualitas kegiatan mahasiswa menyumbang bobot penilaian 10 persen. Terakhir, bobot penilaian untuk kualitas kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah adalah 30 persen.

Meski pada peringkat total ada di peringkat tiga, IPB justru mendapat skor tertinggi—sebesar 4 poin—untuk kualitas SDM. Pada indikator ini, UGM di peringkat kedua dengan skor 3,99 dan ITB di posisi ketiga dengan skor 3,93.

Adapun untuk kualitas manajemen, IPB maupun ITB sama-sama mendapat nilai 3,9. Poin kedua kampus sedikit di bawah UGM yang mengantongi skor 3,99.

 
UGM menempati peringkat teratas untuk kualitas kegiatan mahasiswa, dengan skor bulat 4. Pada kriteria ini, selisih nilai cukup jauh. ITB ada di peringkat kedua dengan skor 1,9 dan menyusul di bawahnya IPB yang mendapat nilai 1,8.

Untuk kualitas penelitian dan publikasi, ITB jawaranya, dengan skor sempurna 4. UGM ada di peringkat kedua dengan skor 3,69, sedangkan IPB di peringkat ketiga yang mengantongi nilai 3,1.

Dari keempat kriteria tersebut, ITB menempati peringkat pertama karena mendapat total skor 3,743. Adapun UGM mengumpulkan skor 3,69, sedangkan IPB 3,49.

Berani masuk kampus terbaik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.