Jangan Telat Pilih Perguruan Tinggi, Cek Kriterianya Berikut Ini!

Kompas.com - 19/04/2016, 11:29 WIB
Salah satu kebingungan yang kerap dialami siswa SMA adalah memilih perguruan tinggi setelah mereka dinyatakan lulus dari sekolahnya. Kebingungan itu mulai dari pilihan kampus hingga program studi dan beasiswa. Gramedia.com Salah satu kebingungan yang kerap dialami siswa SMA adalah memilih perguruan tinggi setelah mereka dinyatakan lulus dari sekolahnya. Kebingungan itu mulai dari pilihan kampus hingga program studi dan beasiswa.
EditorLatief

KOMPAS.com - Salah satu kebingungan yang kerap dialami siswa SMA adalah memilih perguruan tinggi setelah mereka dinyatakan lulus dari sekolahnya. Kebingungan itu mulai dari pilihan kampus hingga program studi dan beasiswa.

Tapi, sebetulnya siswa tak perlu bingung membuat pilihan. Mengutip buku Direktori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2016, ada beberapa kriteria yang perlu dicermati para siswa, termasuk juga orang tua siswa yang ingin mencari pertimbangan dalam membantu anaknya memilih pendidikan. Berikut kriteria tersebut:

1. Fasilitas perguruan tinggi

Bagi Anda yang sedang mencari perguruan tinggi, jangan terbuai semata dengan fasilitas yang ditawarkan. Cermati fasilitas yang memudahkan dan membantu Anda menyelesaikan pendidikan Anda.

Apa saja? Sebutlah misalnya, ketersediaan perpustakaan yang lengkap di tiap fakultas, adanya klinik kesehatan, tempat olahraga, ketersediaan transportasi kampus, asrama mahasiswa, laboratorium, dan lain-lain.

2. Jalur seleksi masuk yang Jelas

Kebingungan menentukan pilihan perguruan tinggi jangan dijadikan alasan untuk tidak segera mendaftar. Tiap perguruan tinggi memiliki mekanisme dan jadwal pendaftaran yang relatif tetap.

Untuk itu, cermati waktu pendaftaran, cara pendaftaran (langsung/online), serta biaya pendaftaran. Jangan sampai Anda ketinggalan untuk mendaftarkan diri ke universitas pilihan.

3. Biaya kuliah yang terukur

Biaya kuliah yang tinggi seringkali membuat calon mahasiswa dan orang tua urung masuk ke sebuah perguruan tinggi. Akan tetapi, tingginya biaya kuliah bukanlah suatu halangan bagi mahasiswa yang berkemauan kuat untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi impian.

Saat besaran biasa kuliah dapat diukur, calon mahasiswa dapat mempersiapkan cara pembiayaan dengan berbagai cara, misalnya membicarakan dengan orang tua, mencari biaya tambahan dengan kerja sampingan, maupun mencari beasiswa. Pastikan bahwa perguruan tinggi yang akan Anda masuki memberikan informasi tentang biaya yang perlu Anda keluarkan sampai selesai kuliah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X