Kompas.com - 09/05/2016, 22:25 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com –Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016, sudah diumumkan pada Senin (9/5/2016) sejak pukul 13.00 WIB. Buat peserta yang dinyatakan lolos, jangan langsung puas. Masih ada tiga tahapan lagi.

“Hati-hati, yang sudah selesai adalah proses administrasi. Peserta lolos (SNMPTN 2016) masih harus cetak ulang Kartu Tanda Peserta,” ujar Ketua Umum Panitia SNMPTN 2016, Rochmat Wahab, saat konferensi pers, Senin siang.

Kartu tersebut, papar Rochmat, bisa didapatkan dengan mengakses laman resmi SNMPTN 2016. Waktu untuk itu adalah 24-31 Mei 2016.

“Setelah cetak kartu, peserta wajib melakukan pendaftaran ulang pada 31 Mei 2016 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkait,” kata Rochmat.

Terakhir, kata Rochmat, peserta lolos SNMPTN 2016 juga harus mencermati pengumuman dari masing-masing PTN. “Pantau terus pengumumannya. Penuhi ketentuan, syarat, jadwal, dan tempat daftar ulang (registrasi),” imbuh dia.

Saat daftar ulang, lanjut Rochmat, peserta lolos SNMPTN 2016 akan diverifikasi segala kebutuhan administrasinya. “Nanti diverifikasi lagi nilai rapornya, sudah benar atau belum,” tegas dia.  

Pengumuman hasil SNMPTN pada Senin siang merupakan rangkaian dari proses seleksi yang dilaksanakan pada 24 Maret 2016 sampai 8 Mei 2016. Dari 645.202 peserta terdaftar, hanya 115.178 yang lolos seleksi.

Komponen dasar penilaian kelulusan peserta SNMPTN 2016 adalah merujuk nilai rapor sekolah dan prestasi selama siswa menjadi pelajar sekolah menengah atas. Selain jalur SNMPTN murni, ada juga jalur SNMPTN Bidikmisi untuk siswa tak mampu.

Berdasarkan rilis panitia, ada 24.506 siswa dari 143.819 pendaftar Bidikmisi yang lolos seleksi jalur ini.

“Peserta Bidikmisi juga harus memperhatikan, saat daftar ulang nanti, (mereka) akan diverifikasi) apakah benar-benar berhak mendapat bantuan finansial. Namun, kalaupun ternyata tidak layak (menerima bantuan), status lulusnya tidak hilang kok,” ujar Rochmat.

Selain melalui laman resminya di http://pengumuman.snmptn.ac.id, Anda dapat pula melihat hasil seleksi SNMPTN di Kompas.com. Sebagai tambahan informasi, SNMPTN merupakan satu dari tiga jalur masuk ke perguruan tinggi negeri. Dua jalur lain adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Jalur Mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.