Kompas.com - 20/05/2016, 08:01 WIB
Yakson si dokter kecil akan memberi tahu cara mengobati penyakit-penyakit ringan dengan metode pijat tangan di titik-titik akupunktur. Kenapa pijat tangan? Dok BHUANA ILMU POPULERYakson si dokter kecil akan memberi tahu cara mengobati penyakit-penyakit ringan dengan metode pijat tangan di titik-titik akupunktur. Kenapa pijat tangan?
EditorLatief

KOMPAS.com - Apakah Anda orang yang sering minum obat-obatan kimia saat sakit? Jika ya, dan Anda sedikit terpancing dengan judul di atas. Nah, coba pikir-pikir lagi!

Pada dasarnya, ada dua jenis penyakit yang mendera manusia, yaitu penyakit berat dan penyakit ringan. Penyakit berat tentu membutuhkan pengobatan dan perawatan medis lebih intensif. Sementara itu, penyakit ringan (seperti sakit kepala, flu, batuk, atau demam) bisa disembuhkan tanpa obat. Anda hanya perlu istirahat dan memenuhi asupan gizi.

Kenyataannya, orang-orang cenderung memilih minum obat kimia saat mengalami sakit ringan. Alasannya? Tentu saja, karena obat mudah didapat dan efek penyembuhannya lebih cepat. Padahal, terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia itu akan menimbulkan efek samping.

Sebenarnya, tubuh sudah mempunyai sistem imun yang mampu berperang melawan penyakit. Namun, jika kita selalu mengandalkan obat tiap kali sakit, lama-kelamaan kemampuan sistem imun itu akan menurun. Kita justru jadi lebih mudah sakit, lalu ketergantungan.

Kalau sudah begitu, tubuh tidak lagi kebal penyakit, tapi justru kebal terhadap obat. Selain itu, dalam jangka panjang akan ada kemungkinan kerusakan ginjal dan hati. Lagi-lagi, bukannya sembuh, penyakit baru malah menyerang tubuh.

Pijatan ala Yakson

Pertanyaannya, kalau tidak minum obat bagaimana penyakit bisa sembuh?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jangan pesimistis dulu! Seperti peribahasa banyak jalan menuju Roma, banyak juga jalan menuju sehat. Coba intip komik edukasi berjudul Yakson Si Dokter Kecil terbitan Bhuana Ilmu Populer.

Tapi, jangan terkecoh dulu dengan tampilannya. Meski terlihat jenaka dan main-main, isi buku ini benar-benar serius dan bukan main.

Buku ini sebenarnya ditujukan untuk anak-anak agar mereka bisa melakukan pengobatan mandiri, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Siapa tahu cita-cita mereka untuk jadi dokter bisa terwujud. Akan tetapi, bukan berarti orang dewasa tak boleh membaca dan mempraktikkannya, kan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.