Catat... Peserta SBMPTN Jurusan Olahraga Wajib Tes Kesehatan!

Kompas.com - 25/05/2016, 20:11 WIB
Ilustrasi medical check-up ThinkstockIlustrasi medical check-up
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Bagi calon mahasiswa yang melamar bidang keolahragaan lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) diharuskan mengikuti Ujian Keterampilan (UK) pada 1 atau 2 Juni 2016. Namun, sebelum mengikuti tes, peserta wajib melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mampu mengikuti UK olahraga.

Dua hari sebelum pelaksanaan ujian itu peserta harus memeriksakan diri ke tempat layanan kesehatan resmi di dalam negeri dengan membawa formulir khusus. Formulir itu mesti diisi tenaga kesehatan secara langsung berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan peserta.

Berdasarkan situs resmi SBMPTN, pemeriksaan fisik seperti pengukuran antropometri (tinggi badan berdiri, tinggi badan duduk, rasio, berat badan, dan indeks massa tubuh) dilakukan. Selain itu, postur dan anggota gerak, fungsi kardiovaskular, pernapasan, juga kemampuan indera turut diperiksa.

Di akhir formulir, tenaga medis akan membubuhkan pernyataan apakah peserta sehat secara jasmani dan mampu mengikuti UK. Tanda tangan, nama lengkap pemeriksa, juga cap resmi institusi wajib diisi. Hasil pemeriksaan kesehatan ini harus dikantongi peserta dan diserahkan kepada panitia pelaksana UK pada hari "H" pelaksanaan.

Bagi Anda yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan, formulir dapat diunduh di: http://download.sbmptn.ac.id/media/formK.pdf

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X