Kompas.com - 08/06/2016, 16:06 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional membuka kerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) untuk menggelar ujian tulis Universitas Gadjah Mada di Kampus Unas Pejaten. Kagama menjadi panitia lokal yang ditunjuk UGM untuk melaksanakan ujian masuk jalur mandiri tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Humas Universitas Nasional, Dian Metha Ariyanti mengatakan, pihak Unas menyiapkan seluruh sarana dan prasarana untuk membantu UGM. 

"Kami pakai seluruh kelas untuk digunakan ujian, termasuk aula dan juga beberapa laboratorium. Personil juga diturunkan untuk membantu kelancaran kegiatan ujian tulis ini," ujar Metha, Rabu (8/6/2016).

Salah satu pengurus Kagama, Dwi Sapto Yuliharto, tahun ini UGM mengadakan ujian mandiri di empat kota secara bersamaan, yaitu di Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru dan Balikpapan. Total pesertanya, lanjut dia, mencapai 32.000 orang.

"Sebanyak 2.602 orang mengikuti ujian di Universitas Nasional. Peserta terdiri dari kelas Saintek, Soshum dan campuran. Prosentase terbesar adalah di kelas saintek," kata Sapto.

Ujian tulis itu, lanjut Sapto, merupakan bagian dari ujian jalur mandiri yang diadakan oleh UGM. Selain jalur mandiri, UGM juga membuka jalur undangan dan SBMPTN.

Pada Minggu (5/6/2016), sejak pukul 05.00 WIB, peserta dan para pengantar sudah berdatangan ke kampus Unas. Bahkan, banyak peserta datang dari luar kota, antara lain Bandung, Sukabumi, Lampung, hingga Balikpapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.