Hasanudin Abdurakhman
Doktor Fisika Terapan

Doktor di bidang fisika terapan dari Tohoku University, Jepang. Pernah bekerja sebagai peneliti di dua universitas di Jepang, kini bekerja sebagai General Manager for Business Development di sebuah perusahaan Jepang di Jakarta.

Sadar Kompetensi

Kompas.com - 10/06/2016, 13:47 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorWisnubrata

Saya sering bertanya pada mahasiswa, nanti kalau sudah lulus mau jadi apa? Mau kerja sebagai apa?

Sebagian dari mereka menjawab tidak tahu. Sebagian lagi menjawab ingin jadi ini dan itu, tapi ketika ditanya tentang apa kompetensi yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tersebut, mereka tidak tahu.

Mereka hanya bermimpi ingin menjadi sesuatu, tapi tidak menempuh jalan menuju impian tersebut. Itu namanya mimpi kosong.

Ada kawan saya mahasiswa jurusan komunikasi. Dia ingin jadi wartawan. Maka dia fokus menekuni kuliah-kuliah yang akan menjadi bekal untuk jadi wartawan.

Mata kuliah pilihan yang dia ambil semua terkait dengan persiapan menjadi wartawan. Dia kemudian memang jadi wartawan setelah lulus.

Seperti itulah cara menempuh jalan menuju mimpi Anda. Tanpa upaya itu maka mimpi Anda adalah mimpi kosong belaka. Bila kebetulan cita-cita Anda tidak paralel dengan jurusan kuliah maka Anda harus belajar ekstra, dari sumber-sumber di luar kuliah.

Bagaimana mengetahui kompetensi yang diperlukan untuk suatu pekerjaan yang Anda inginkan? Baca!

Artikel-artikel soal ini banyak bertenaran di internet. Stay in touch with your future! Bergaullah dengan orang-orang yang sudah bekerja di bidang yang ingin Anda tuju, baik secara nyata maupun virtual.

Pergaulan itu sekaligus membuatkan Anda jaringan untuk masuk ke dunia kerja. Ingat, jaringan sangat penting dalam mencapai sukses.

Waktu kuliah dulu IP saya pas-pasan. Tapi saya sadar soal kompetensi. Saya memahami struktur ilmu fisika yang saya pelajari. Saya menguasai kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang sarjana fisika, di antaranya menguasai sistem pengukuran serta analisa dan interpretasi data hasil pengukuran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.