Bisakah Mendeteksi Kebohongan dalam 2 Menit?

Kompas.com - 13/06/2016, 21:37 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorWisnubrata

Dalam proses pembuatan judul untuk buku pertama, saya diminta untuk membuat judul yang “bombastis” dan menjual. Judul apakah yang terpikir?

1 menit membaca kebohongan …

2 menit membaca kebohongan …

Saya paham bahwa judul buku bisa menjadi salah satu kunci sukses penjualan buku. Apalagi banyak pembaca Indonesia terbuai begitu membaca judul yang menjanjikan “cepat bisa”, “cepat tahu”, “cepat selesai”, dan sebagainya.

Namun, terkait mendeteksi kebohongan, apakah betul bisa membaca kebohongan dalam 2 menit?

Kalau membaca (emosi) orang, saya bisa. Bahkan, saya hanya perlu 1/25 detik untuk membaca emosi Anda. Memang saya dilatih sejak di Manchester untuk membaca ekspresi wajah secara cepat dan tepat.

Apakah seharusnya buku saya berjudul “1/25 detik membaca orang” ?

Kalau membaca kebohongan, bisakah hanya 2 menit ?

Mungkin kalau sekedar mencurigai adanya kebohongan, saya bisa. Tapi, memastikan seseorang berbohong dalam waktu hanya 2 menit ? Wah … bila saya mengatakan bisa dan hasilnya akurat 100%, itu sama saja dengan memproklamirkan diri sebagai Sang Pencipta!

Bila saya tidak pernah salah, saya selalu bisa dengan data seadanya, dan hasilnya selalu akurat 100%, bukankah saya = Sang Pencipta ?

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X