Khusus S-1, Beasiswa ASEAN Gelombang Dua Dibuka 1 September!

Kompas.com - 08/08/2016, 17:10 WIB
Gelombang kedua ini dibuka pada 1 September 2016 mendatang bagi pelajar di seluruh ASEAN untuk studi selama satu semester di negara ASEAN lainnya. Dok http://www.share-asean.eu/Gelombang kedua ini dibuka pada 1 September 2016 mendatang bagi pelajar di seluruh ASEAN untuk studi selama satu semester di negara ASEAN lainnya.
Penulis Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Uni Eropa (EU) dan ASEAN bekerja mengumumkan pembukaan pendaftaran gelombang kedua beasiswa SHARE atau Support to Higher Education in the ASEAN Region untuk semester Januari-Juli 2017. Gelombang kedua ini dibuka pada 1 September 2016 mendatang bagi pelajar di seluruh ASEAN untuk studi selama satu semester di negara ASEAN lainnya.

"Anda diundang untuk mendaftarkan diri  sebagai salah satu kandidat penerima beasiswa diantara 125 kandidat lain yang akan diterima. Kerjasama ini merupakan sebuah kesadaran bahwa mobilitas mahasiswa memainkan peran penting dalam pengembangan lebih lanjut dari pendidikan tinggi di ASEAN," ujar H. E. Mr. Vongthep Arthakaivalvatee, Deputi Sekretaris Jenderal Komunitas Sosial-Budaya ASEAN, di Jakarta, Senin (8/8/2016).

Skema beasiswa ini merupakan bagian dari program 'Dukungan Uni Eropa untuk Pendidikan Tinggi di Wilayah ASEAN' atau SHARE. Program beasiswa ini dirancang untuk mendorong mobilitas mahasiswa negara-negara ASEAN dan menguji penerapan sistem transfer kredit ASEAN.

"Ini kemitraan spesial dengan Uni Eropa yang memungkinkan kita memberdayakan para mahasiswa berbakat untuk mengejar karir yang mereka pilih dan bertukar wawasan dan pengalaman sangat berharga bagi mereka nantinya," ujar Vongthep.

Menurut dia, sistem efektif untuk pendidikan tinggi regional yang berpusat pada skema beasiswa untuk mahasiswa di ASEAN merupakan elemen kunci dalam mempromosikan konektivitas dan mendukung upaya integrasi di ASEAN.

Sementara itu, Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN H. E. Fransisco Fontan mengatakan bahwa pihak Uni Eropa menyambut program ini dengan antusias sebagai pengalaman dari Proses Eropa Bologna untuk mendukung ASEAN.

"Skema beasiswa Eropa Erasmus dikenal di seluruh dunia sebagai standar emas dalam program pertukaran siswa. Jutaan siswa dari Eropa, serta negara-negara di seluruh dunia telah merasakan keuntungan dari skema ini, tidak hanya dalam kualifikasi akademik mereka, tapi juga pengalaman langsung di Eropa. Ini memiliki dampak besar pada pembangunan komunitas di Eropa," kata Fontan.

Terbuka

Temy Ramadan adalah salah satu penerima beasiswa SHARE Gelombang 1. Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) ini akan mengikuti transfer studinya di Universitas Filipina.

'Ini merupakan beasiswa baru, tapi ini sangat menguntungkan karena memberikan dukungan keuangan penuh sehingga kami bisa fokus pada studi. Saya berharap bisa mendapatkan pengalaman langsung tinggal di luar negeri," ujar Temy.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X