Kompas.com - 23/08/2016, 09:17 WIB
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Lulusan sekolah menengah atas dan sederajat yang punya kendala finansial kini berkesempatan melanjutkan pendidikan. Bank Central Asia (BCA) menawarkan Program Pendidikan Akuntansi (PPA) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) non-gelar gratis selama 2,5 tahun.

Program tersebut dirancang untuk lulusan SMA atau SMK berusia di bawah 20 tahun yang punya ketertarikan di bidang perbankan. Pembelajaran dilakukan selama 30 bulan menggunakan sistem gugur di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.

Standar kelulusan cukup ketat. Siswa harus mempertahankan IPK minimal 2,75 jika tak mau gugur di tengah jalan. Jadwal pembelajaran pun menuntut siswa berdisiplin tinggi. Kelas dimulai pukul 8.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Selain kegiatan kelas, siswa akan mengikuti on job training di unit kerja BCA untuk memperkaya pengetahuan tentang praktik dunia kerja. Walau tidak genap empat tahun, materi pembelajaran yang diberikan setara program sarjana.
 

http://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA/Korporasi/csr/solusi-cerdas-bca/program-pendidikan-ti-non-gelar Selain PPA, BCA juga menawarkan program pendidikan di bidang teknologi informasi berkaitan dengan perbankan.

Tertarik? Pastikan rata-rata nilai rapor tak kurang dari 7,5!

Ya, karena khusus PPA, pelamar lulusan SMA harus memiliki rata-rata nilai matematika 7,5. Jika pelamar lulusan SMK, rata-rata nilai produktif wajib mencapai 7,5.

Untuk PPTI, pelamar mengharuskan pelamarnya berasal dari SMA jurusan IPA dengan rata-rata nilai matematika 7,5.

Pelamar lulusan SMK pun harus memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Rata-rata nilai produktifnya sama, minimum harus 7,5.

Selain itu, pelamar juga tak boleh punya catatan tidak naik kelas. Pelamar pun harus terbukti bebas dari narkoba dan tidak pernah melakukan pelanggaran hukum.

Pendaftaran untuk tahun ajaran baru 2017 sudah bisa dilakukan secara online melalui situs resmi BCA. Jika lolos seleksi berkas, calon siswa akan melewati seleksi psikotes, wawancara, dan tes kesehatan.

Sebagai informasi, per akhir 2015 lalu peserta PPTI tercatat mencapai 91 orang. Pada waktu yang sama, peserta PPA berjumlah 387 orang. Sebanyak 126 siswa lulus hingga akhir program, 125 orang di antaranya memilih bekerja sebagai karyawan tetap BCA.

Jika Anda membutuhkan informasi tentang beasiswa lain, cobalah membuka laman Visual Interakti Kompas (VIK) "Berburu Beasiswa" berikut ini: 
http://vik.kompas.com/beasiswa/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.