Kompas.com - 23/08/2016, 11:37 WIB
|
EditorLatief


KOMPAS.com – Wilayah utara Australia rata-rata bercuaca hangat sepanjang tahun sehingga cukup ramah di kulit orang Indonesia. Namun, sewaktu-waktu kita juga bisa mencicipi dinginnya salju yang tak ditemukan di daerah tropis.

Pada Juni dan September salju biasa turun menyelimuti pegunungan yang terbentang sepanjang kawasan New South Wales sampai Victoria. Bermain ski atau sekadar membuat boneka salju bisa dicoba.

Memang, cuaca yang beragam jadi salah satu alasan banyak pelajar Indonesia memilih melanjutkan studi di perguruan tinggi Australia. Pelajar Indonesia bisa mencari perguruan tinggi di daerah utara Australia jika tak kuat udara dingin. Bermain salju bisa dicoba saat liburan saja.

Bukan tidak mungkin hal itu terwujud. Australia menawarkan lebih dari 1.200 lembaga pendidikan dan 22.000 jurusan bagi pelajar internasional. Semua tersebar di berbagai kawasan Australia.

Pemerintah setempat juga sangat telaten melindungi kepentingan pelajar luar negeri. Pemerintah punya Undang-undang layanan pendidikan bagi siswa asing (ESOS) dan Kode Praktik Nasional bagi pihak berwenang dalam pendaftaran dan penyedia jasa pendidikan pelatihan. Peraturan tersebut memastikan pelajar internasional mendapat layanan pendidikan berkualitas.

Agar terlindungi, sebelum memutuskan mendaftar di perguruan tinggi tertentu, ada baiknya pelajar memastikan jurusan tersebut sudah terdaftar resmi. Lembaga pendidikan yang masuk dalam Pendaftaran Persemakmuran untuk Lembaga Pendidikan dan Mata Pelajaran bagi Siswa Asing (CRICOS) dijamin memenuhi standar internasional.

Jika masih bimbang, pelajar bisa membandingkan institusi pendidikan tinggi dan area studi di situs resmi The Quality Indicator for Learning and Teaching (QILT). Survei dari ribuan pelajar oleh QILT menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa juga alumni terkait kualitas pekerjaan yang mereka dapat setelah lulus.

Ragam gelar

THINKSTOCKPHOTOS Program pendidikan tinggi di Australia sedikit berbeda dengan Indonesia. Pelajar dalam negeri perlu tahu sebelum memilih program yang tepat.

Utamanya, ada tiga jenis pendidikan tinggi mengarah ke gelar S-1, S-2, dan S-3. Program gelar sarjana ganda umum pula ditemukan di Australia. Biasanya program ganda dilakukan mahasiswa bidang seni, perdagangan, hukum, dan sains.

Gelar pendidikan tinggi di Australia pun macam-macam. Gelar associate, misalnya, berdurasi dua tahun dan hanya bisa diambil lulusan sekolah menengah atas.

Gelar tersebut dirancang membantu perkembangan karir para profesional yang tak punya waktu menyelesaikan gelar S-1 dengan mengajarkan keterampilan khusus. Gelar associate dapat pula jadi jalur mendapatkan gelar S-1 atau diploma lanjutan terkait pelatihan industri spesialis.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.