Kompas.com - 27/09/2016, 12:32 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani


BEPPU, KOMPAS.com -
 Saat ini banyak kampus internasional berlomba-lomba menghadirkan program studi bisnis internasional. Kenapa? Apa pembeda dari setiap sekolah bisnis yang ada? Apa yang bisa jadi salah satu patokan?

"Program studi ini makin menjamur. Harus ada kelebihan yang ditawarkan, terutama bagi kampus yang membidik mahasiswa asing, agar tetap jadi pilihan," ungkap Vice President dari Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Kenji Yokoyama, Jumat (23/9/2016).

Salah satu tolok ukur kualitas pendidikan perguruan tinggi adalah akreditasi. Sekolah bisnis bukan perkecualian. Adapun APU adalah salah satu kampus di Jepang yang juga menawarkan program studi bisnis internasional, baik untuk mahasiswa lokal maupun asing.

Dari tren dan pemikiran itulah, kata Yokoyama, APU membidik akreditasi dari The Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB). Upaya mendapatkannya hingga tersenyum lega saat terwujud, bukan peristiwa dalam semalam.

"Setelah delapan tahun (berupaya), kami (APU) bisa mendapatkan akreditasi tersebut. Tentu perjuangannya tak mudah sampai kami harus menghabiskan waktu dari 2008," ujar Yokoyama, saat ditemui Kompas.com di B-Con Plaza di Beppu, Jepang, Jumat.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Ritsumeikan Asia Pacific University (APU) Preident memberi pidtao pembukaan pada mahasiswa baru terpilih di B-Con Plaza, Jumat (23/9/2016).

Yokoyama masih ingat saat APU bersiap mengejar akdreditasi itu. Perjuangan sudah dimulai sejak awal pengumpulan data administrasi.

Beberapa kali, tutur dia, APU harus terbentur birokrasi dan persyaratan. Namun, upaya tak lalu berhenti, karena akreditasi tersebut diakui cukup bergengsi secara global untuk program bisnis internasional.

“Saat itu kami merasa harus menghadapi semuanya agar mendapatkan akreditasi (tersebut). Kami harus fokus karena (akreditasi) ini merupakan tiket agar kampus ini memiliki nilai kompetitif,” papar Yokoyama.

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi, sebut dia memberikan contoh, adalah jumlah minimal jurnal yang harus diterbitkan. Pertama, tentu saja APU harus mendaftarkan diri, sebelum menjalankan semua proses untuk mendapatkan akreditasi itu.

Soal kualitas dan kompetisi global

Pada dasarnya, akreditasi AACSB menandakan sebuah institusi pendidikan dinilai punya visi memajukan serta menjadikan pendidikan bisnis dan manajemen lebih berkualitas.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.