Asal Siap Strategi, Boleh Makin "Pede" Bisa Kuliah ke Belanda!

Kompas.com - 05/11/2016, 23:26 WIB
Pelajar Indonesia yang tertarik kuliah ke Belanda mendatangi pameran pendidikan Dutch Placement Day 2016 di Erasmus Huis, Jakarta, Jumat (4/11/2016). CAHYU CANTIKA/KOMPAS.COMPelajar Indonesia yang tertarik kuliah ke Belanda mendatangi pameran pendidikan Dutch Placement Day 2016 di Erasmus Huis, Jakarta, Jumat (4/11/2016).
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com
 – Kualitas pelajar yang datang mencari informasi seputar perkuliahan di Belanda dalam pameran pendidikan Dutch Placement Day 2016 dinilai kian meningkat. Lalu, apa yang tetap kudu dicatat buat persiapan?

"Mereka (pelajar) sudah lebih terinformasi sehingga sudah tahu apa yang mereka mau, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Direktur Nuffic Neso Indonesia, Mervin Bakker, kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2016).

Menurut Bakker, Bahasa Inggris peminat kuliah ke Belanda yang mendatangi pameran, sudah lebih mumpuni. Demikian pula untuk pengetahuan dasar seputar perkuliahan dinilai sudah semakin matang pula.

Ditemui di sela agenda acara Dutch Placement Day 2016 di Erasmus Huis, Jakarta, Bakker berpendapat peluang pelajar Indonesia belajar ke Belanda pun terlihat lebih besar.

Menghadirkan 28 perguruan tinggi asal Belanda, pameran pendidikan tersebut menjadi daya tarik bagi lebih dari 700 peserta dari berbagai daerah.

"Sekarang pesertanya lebih tepat sasaran," ungkap Bakker.

Dutch Placement Day merupakan acara tahunan yang pada 2016 sudah digelar untuk kelima kalinya. Bakker bercerita, saat pertama kali kegiatan ini digelar, peserta yang datang masih banyak sekadar mengambil brosur lalu pergi.

Adapun pada tahun ini, lanjut Bakker, peserta rata-rata sudah tahu minat bidang studi yang ingin didalami. Bahkan, kata dia, beberapa dari mereka sudah mencatat universitas yang hendak mereka datangi stan-nya dalam pameran tersebut.

Kompas.com juga sempat berbincang dengan para peserta acara ini. Silvi (23 tahun) adalah salah satunya. "Saya sudah tanya-tanya ke tiga universitas yang saya mau," ujar dia yang mengaku punya rencana melanjutkan studi pascasarjana (S2) jurusan Psikologi Industri dan Organisasi di Belanda.

CAHYU CANTIKA/KOMPAS.COM Sekitar 28 perguruan tinggi asal Belanda hadir dalam acara Dutch Placement Day 2016 di Erasmus Huis, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Silvi pun mengaku datang ke pameran ini untuk menggali informasi lebih dalam, salah satunya, terkait ragam studi psikologi yang ditawarkan perguruan tinggi Belanda.

"Kan studi psikologi (S2) ada yang satu tahun, ada juga yang dua tahun. Saya mau tahu bedanya apa," jelasnya.

Informasi dan perencanaan

Menurut Silvi, mendapat penjelasan secara langsung dari perwakilan universitas "incaran" membuatnya lebih bisa memahami informasi yang memang dia cari itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X