Kuliah di Inggris, Apakah Benar Oxford dan Cambridge Pilihan Terbaik?

Kompas.com - 06/12/2016, 18:00 WIB
Queen Mary University of London Yunanto Wiji UtomoQueen Mary University of London
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Perguruan tinggi mana yang akan Anda pilih ketika memutuskan kuliah di Inggris?

Anda mungkin akan langsung melirik dua universitas ternama, Oxford dan Cambridge.

Tak salah sebenarnya. Dari sisi ranking, dua perguruan tinggi itu memang terbaik di Inggris dan masuk 5 besar dunia. Tapi ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum benar-benar memutuskan. Jangan hanya melihat ranking dan gengsi saja.

Antonius Alexander Tigor, peraih beasiswa Chevening, mengatakan, "Jangan cuma memilih universitas karena prestige-nya. Perhatikan juga ada tidak ahli dalam bidang yang kita pilih di sana."

Menurut Anton yang kini belajar komputer dan hukum komunikasi di Queen Mary University of London, keberadaan dosen ahli sesuai dengan bidang yang dimiliki kadang lebih penting dari nama universitasnya sendiri.

Ia menceritakan pengalamannya ketika menulis makalah tentang proteksi data. Ternyata, dosen ahli di universitasnya bukan hanya mengerti masalah keilmuannya, tetapi juga undang-undang terkait di Indonesia.

"Kalau ada dosen ahli, mereka bisa lebih membimbing kita, termasuk tahu tentang masalah Indonesia," katanya saat ditemui dalam kunjungan media di Inggris, 15-27 November 2016.

Anton menambahkan, dosen ahli juga punya banyak relasi yang juga ahli dalam bidangnya. Jadi, satu dosen ahli akan membuka pintu lebih besar untuk belajar dan berinteraksi dengan lebih banyak ahli.

Dalam kesempatan terpisah, Theresa Birks dari British Council Indonesia, mengatakan bahwa Inggris memiliki banyak perguruan tinggi berkualitas selain Oxford dan Cambridge.

"Kalau memang ingin menjadi peneliti atau akademik, mungkin Oxford dan Cambridge adalah pilihan tepat. Tapi kalau mau belajar membuat game misalnya, mungkin dua universitas itu kurang tepat," urainya.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X