Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamin Kelancaran SNMPTN dan SBMPTN, Panitia Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 13/01/2017, 20:42 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017, Ravik Karsidi mengatakan, demi kelancaran dan kemudahan, panitia telah bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Guna menjamin kelancaran dan kemudahan dalam pelaksanaan, panitia telah bekerja sama dengan PT Telkom, Bank Mandiri, dan Bank BNI, serta Bank BTN," kata Ravik dalam keterangan tertulis, Jumat (13/1/2017).

Ravik menyebutkan, panitia SNMPTN dan SBMPTN telah mendapat jaminan bahwa sekolah dan siswa yang memiliki keterbatasan akses internet, dapat menggunakan jasa outlet Plasa Telkom setempat untuk proses pendaftaran online.

Ravik menuturkan, bila memerlukan informasi lebih lanjut, masyarakat dan calon mahasiswa dapat layanan informasi resmi melalui laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id dan http://halo.snmptn.ac.id, serta call-center 0804 - 1450 450.

Adapun layanan informasi resmi untuk SBMPTN melalui http://www.sbmptn.ac.id dan http://halo.sbmptn.ac.id, dan call-center 0804 - 1456 – 456.

Pertama, jalur SNMPTN, yaitu merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

Kedua, SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Ketiga, seleksi mandiri, yaitu seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN.

"Untuk daya tampung calon mahasiswa, SNMPTN dan SBMPTN paling sedikit memiliki alokasi sebesar 30 persen dari total penerimaan calon mahasiswa. Sedangkan seleksi mandiri paling banyak 30 persen," ucap rektor Universitas Sebelas Maret itu.

Kompas TV Ratusan Siswa Gagal Masuk SNMPTN
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com