Reza Nugraha Setiawan
personal branding

Personal Branding and PR practitioner, Graduated from Boston University, Boston, Massachusetts.

Ciptakan Personal Branding Melalui Tampilan Anda

Kompas.com - 30/01/2017, 20:19 WIB
Baiknya pasangan Anda juga harus memberi impresi lebih lewat penampilan. Bahkan penampilan yang memberi kesan kalau pasangan Anda cukup potensial sebagai pemimpin. THEIDLEMAN.COMBaiknya pasangan Anda juga harus memberi impresi lebih lewat penampilan. Bahkan penampilan yang memberi kesan kalau pasangan Anda cukup potensial sebagai pemimpin.
EditorWisnubrata

Don't judge a book by its cover”, begitu kata bijak yang pernah Anda dengar.  Benarkah demikian? Pada saat bertemu dengan seseorang, tidakkah Anda akan langsung berpikir tentang apa pekerjaan maupun kegiatan orang tersebut berdasarkan penampilan mereka?

Setiap kali Anda melihat seorang profesional menggunakan menggunakan balutan jas berwarna putih tidakkah Anda langsung berpikir bahwa mereka pasti berprofesi di bidang kesehatan?

Penampilan kerap kali dikaitkan dengan profesi maupun tingkat pendidikan. Tidak hanya itu, pengunaan tata bahasa pun kerap dikaitkan dengan tingkat pendidikan. 

Apabila Anda seorang profesional yang telah berupaya membentuk citra profesional secara teoritis (baca: resume/CV) seperti pada tulisan saya sebelumnya, sebaiknya Anda juga melengkapi penampilan Anda dengan beberapa langkah di bawah ini untuk menjadi satu kesatuan yang utuh dalam membentuk Personal Branding Anda.

Personal grooming memang memakan waktu, tetapi penampilan profesional secara fisik memiliki dampak sosial yang cukup tinggi.

Para ahli komunikasi mengatakan bahwa penampilan adalah komunikasi non-verbal dalam menyampaikan keinginan, ambisi serta tempat kita di mata masyarakat dan menciptakan persepsi orang mengenai value atau "nilai" kita yang kerap dijadikan basis dari ekspektasi masyarakat terhadap perilaku Anda secara profesional.

Berikut adalah lima hal yang dapat dilakukan segera untuk menciptakan penampilan terbaik Anda:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Selalu merapikan rambut. Usahakan bagi pria untuk selalu merapikan rambut ke pemangkas rambut minimal satu kali dalam sebulan. Jadikan ini kegiatan rutin. Bagi seorang profesional menjaga rambut selalu tampak bersih dan tertata rapi tanpa harus terkesan berlebihan, akan memberikan kesan lebih baik.

2. Perhatikan kebersihan kuku, terutama bagi pria, hindari kebiasaan memelihara kuku pada jari kelingking atau ibu jari tangan Anda. Apalagi bila Anda seorang profesional yang bekerja pada sebuah perusahaan mendunia. Bagi wanita, penggunaan pemulas kuku sebaiknya disesuaikan dengan memilih warna netral. Kebersihan kuku dan jari Anda dapat mencerminkan perhatian Anda kepada setiap detil dari keseluruhan penampilan profesional.

3. Memastikan pakaian yang akan Anda gunakan selalu dalam keadaan bersih dan rapih. Memilih bahan yang tidak mudah kusut akan memberikan nilai lebih bagi Anda yang aktif dan sering berada di lapangan tanpa harus khawatir aktivitas Anda dapat merusak penampilan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.