Beasiswa LPDP Dibuka, Jangan Terlewat Batas Pendaftarannya!

Kompas.com - 20/02/2017, 14:25 WIB
Pada 2015 pendaftar beasiswa LPDP mencapai 3.100 peserta. Tahun ini pelamar beasiswa tersebut ditargetkan mencapai 5.000 peserta. Dok LPDPPada 2015 pendaftar beasiswa LPDP mencapai 3.100 peserta. Tahun ini pelamar beasiswa tersebut ditargetkan mencapai 5.000 peserta.
Penulis Latief
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program magister dan doktoral kembali dibuka. Program beasiswa ini dibiayai pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut program magister atau doktoral di perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Adapun sasaran bidang ilmu beasiswa untuk program magister dan doktoral ini harus sesuai prioritasnya, yang antara lain bidang teknik, sains, pertanian, kedokteran dan kesehatan, akuntansi dan keuangan, hingga bidang budaya, seni dan bahasa.

Selain itu, BPI Program magister dan doktoral ini juga memiliki tema prioritas, yang antara lain kemaritiman, perikanan, pertanian, industri kreatif, manajemen pendidikan, teknologi pertahanan dan keamanan, teknologi informasi dan komunikasi, keagamaan, keterampilan, hingga hukum bisnis internasional.

Ada beberapa syarat penting perlu disiapkan untuk meraih beasiswa ini. Salah satu yang utama adalah menulis dua esai yang masing-masing 500 sampai 700 kata. Adapun dua tema essay itu adalah "Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya"; dan "Sukses Terbesar dalam Hidupku".

Perlu diketahui, pendaftaran beasiswa pemerintah ini dibuka sepanjang tahun dengan proses seleksi dilakukan sebanyak dua kali. Pendaftaran BPI tahun ini diperuntukan kepada pendaftar dengan rencana memulai studi atau perkuliahan untuk tahun akademik 2018.

Bagi yang tertarik, pendaftaran BPI dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Sebagai catatan, batas waktu pendaftaran beasiswa di dalam negeri akan ditutup pada 3 April 2017, sementara penutupan pendaftaran beasiswa ke Luar Negeri pada 7 Juli 2017. Informasi detail tentang syarat dan skema beasiswa juga bisa dilihat di situs LPDP tersebut.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X