Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 6 Hal Utama yang Bisa Kamu Nikmati jika Kuliah di Inggris

Kompas.com - 31/03/2017, 20:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Bicara belajar di luar negeri, institusi pendidikan berkualitas saja pastinya tak cukup. Negara atau kota tempat belajar patut jadi salah satu pertimbangan. Tempat tepat bisa memberi pengalaman menarik.

Inggris adalah salah satu negara yang pilihan utama mahasiswa Indonesia. Sebagian besar mahasiswa penerima Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) memilih Inggris sebagai tujuan utama jika ingin ke Eropa.

Apa sebenarnya alasannya? Sejumlah mahasiswa di Inggris yang ditemui Kompas.com dalam media visit bersama British Embassy Jakarta pada November 2016 lalu mengungkapkan, banyak hal yang bisa dinikmati di Inggris.

Rachel Surijata, mahasiswa di Goldsmith, University of London, mengungkapkan bahwa London saja menawarkan banyak hal, mulai museum sampai pertunjukan musik.

"London memang mahal. Tapi di sini kita bisa melakukan banyak hal. Lihat konser musik, nonton teater, dan ada banyak kegiatan," katanya.

Mengunjungi London, Oxford, Birmingham, Stirling, Glasgow, dan Edinburgh, Kompas.com memang menjumpai sejumlah tempat menarik.

Tempat-tempat itulah yang biasa jadi tujuan wisata mahasiswa Indonesia saat liburan musim panas. Berikut daftar tempat-tempat menarik itu.

Stadion Bola

Kuliah di Inggris, siapa pun bisa mendapatkan kesempatan nonton bola secara langsung dengan biaya lebih murah karena tak perlu membayar ongkos pesawat yang biayanya bisa Rp 13 juta.

Tanpa ada pertandingan bola sekali pun, siapa pun bisa mengunjungi kota dan stadium sejumlah klub seperti Anfield milik Liverpool, Emirates milik Arsenal, Old Trafford milik Manchester United dan lainnya.

Museum

Inggris bisa dibilang salah satu negara yang punya museum paling banyak. Sebagian besar museum juga bisa diakses secara gratis.

London misalnya, punya Natural History Museum yang menarik perhatian penyuka alam dan hewan, Victoria Museum bagi penyuka kebudayaan, hingga Royal Air Force Museum bagi yang gemar pesawat.

Ada pula museum yang berbayar seperti Sherlock Holmes dan Madame Tussauds. Untuk Masuk, biayanya sekitar 15 - 35 Pound Sterling.

Oxford juga memiliki museum yang menarik. Museum of Oxford, seperti halnya British Museum di London, menyimpan mumi yang jarang ditemui di museum-museum di Asia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com