Kompas.com - 10/04/2017, 16:57 WIB
Sebagai referensi, buku Direktori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2017 yang disusun oleh Litbang Kompas ini berbagi informasi mengenai alur seleksi masuk perguruan tinggi. Dok PBKSebagai referensi, buku Direktori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2017 yang disusun oleh Litbang Kompas ini berbagi informasi mengenai alur seleksi masuk perguruan tinggi.
EditorLatief

KOMPAS.com - Perjalanan pilihan calon mahasiwa tidak berhenti dengan mengetahui bakat, minat, dan kemampuan mereka. Beragam pilihan masih menanti mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Calon mahasiswa perlu mengetahui berbagai macam seleksi dan alur pendaftaran perguruan tinggi yang akan dimasuki. Sebagai referensi, buku Direktori 100 Perguruan Tinggi di Indonesia 2017 yang disusun oleh Litbang Kompas ini berbagi informasi mengenai alur seleksi masuk perguruan tinggi.

Bagi yang mengincar perguruan tinggi negeri (PTN), ada dua jalur seleksi masuk PTN, yaitu jalur seleksi nasional dan jalur mandiri. Jalur nasional juga ada dua jalur, yaitu jalur undangan dan jalur ujian tertulis.

Jalur undangan PTN, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sedangkan jalur nasional tertulis, salah satunya adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur masuk lainnya, yaitu Bidikmisi, SPMB, Jalur Mandiri PTN, jalur kerja sama, dan lainnya.

1. Jalur SNMPTN

Pola seleksi SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya tiga tahun, atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK yang masa belajarnya empat tahun, serta Portofolio Akademik.

Siswa yang mendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN. Jika memilih dua PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya.

Tapi, bila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Siswa dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

2. Jalur SBMPTN

Bagi yang tidak masuk dalam syarat SNMPTN, dapat mengikuti SBMPTN. SBMPTN didasarkan pada hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian ketrampilan (khusus Prodi Olahraga dan Seni), dan bisa diikuti oleh semua siswa SMA/MA/SMK/MAK yang telah lulus dari sekolah maksimal tiga tahun terakhir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X