Kompas.com - 25/04/2017, 14:23 WIB
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran online Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 telah dibuka sejak 11 April 2017 lalu. Namun, laporan kesalahan pengisian masih diterima panitia.

Seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Kompas.com (Jumat (21/4/2017) lalu, Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung menjelaskan, kesalahan terbanyak yang ditemukan di antaranya kesalahan mengisi tahun SMA dan kesalahan memilih panlok terdekat dengan domisili peserta.

Tak hanya itu. Banyak juga peserta yang salah memilih PTN atau jurusan, kesalahan mengisi data borang, hingga foto yang tidak tercetak. Akibatnya, peserta harus mengulang pendaftaran sehingga mendapatkan slip pembayaran baru.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, Panlok 34 mengimbau kepada seluruh peserta agar lebih teliti lagi dalam melakukan pendaftaran SBMPTN. Calon peserta sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Data

Siapkan data-data yang dibutuhkan untuk pendaftaran SBMPTN 2017 yang terdiri dari:

  • Biodata peserta;
  • Data pendidikan peserta (data pendidikan SMTA);
  • Data pilihan PTN/jurusan

Foto

Siapkan foto dengan ukuran yang tidak terlalu besar, karena akan berpengaruh pada kejelasan foto. Foto sebaiknya berkukuran kurang lebih 100 Kb.

Teliti

Teliti mengisi data borang, terutama nama lengkap yang arus sesuai yang tercantum pada ijazah. Perhatikan pengisian data pilihan PTN, sebab urutan pilihan menunjukkan prioritas. Pilihan PTN tidak bisa diubah apabila peserta telah melakukan finalisasi pendaftaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.