Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini... Pengumuman SNMPTN Bisa Dilihat di Kompas.com!

Kompas.com - 26/04/2017, 07:13 WIB
Aningtias Jatmika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 rencananya akan dilaksanakan hari ini, Rabu (26/4/2017). Pengumuman hasil akan dibuka mulai pukul 14.00 WIB di laman resmi SNMPTN 2017.

Selain membuka laman tersebut, hasil SNMPTN 2017 juga dapat diperiksa melalui halaman Liputan Khusus SNMPTN 2017 di Kompas.com. Peserta dapat mengklik tautan Liputan Khusus Kompas.com di atas atau langsung mengetikkan alamat lipsus.kompas.com/snmptn2017 di browser Anda untuk mengakses halaman tersebut.

Untuk memeriksa hasil seleksi melalui laman Kompas.com, cukup masukkan nama dan nomor peserta seleksi dalam kotak isian yang ada di halaman liputan khusus itu. Sesudahnya, dengan satu kali klik tombol "Cari", nama dan nomor peserta dapat dicek lolos seleksi atau tidak.

Penurunan peserta

Pendaftar SNMPTN pada 2016 lalu mencapai angka 645.202 orang. Sementara tahun ini jumlah pendaftar menurun di angka 517.418 orang.

Selain melalui jalur SNMPTN, calon mahasiswa juga bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN dan seleksi mandiri.

Pendaftaran SBMPTN dibuka sejak 11 April hingga 5 Mei 2017 mendatang. Ujian tertulis SBMPTN akan dilaksanakan pada 16 Mei sedangkan ujian keterampilan (bagi peserta yang memilih program studi tertentu) dilaksanakan pada 17 dan/atau 18 Mei 2017.

Sementara itu, seleksi mandiri dilaksanakan hanya satu kali oleh masing-masing PTN setelah pengumuman SBMPTN. Seleksi mandiri, salah satunya dengan menggunakan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com