Kompas.com - 27/04/2017, 14:13 WIB
EditorSri Noviyanti

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah lihat pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN) 2017 di Kompas.com? Jika sudah dan dinyatakan lulus, jangan dulu bersantai diri. Masih ada sejumlah tahap yang harus dilalui.
 
Dalam siaran pers Panitia Pusat SNMPTN 2017 yang diterima Kompas.com pada Rabu, (26/4/2017), peserta harus melalui tahap verifikasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tempat peserta diterima setelah dinyatakan lolos.
 
Pada tahap tersebut, peserta harus datang untuk melakukan pencocokan antara nilai yang diunggah dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDDS) dengan nilai yang tercetak dalam rapor asli.

Catatannya, peserta tak dapat diwakilkan. Selain itu, peserta juga harus menunjukkan ijazah/surat keterangan tanda lulus (SKTL).

 
Setelah prosedur verifikasi selesai, calon mahasiswa diwajibkan registrasi atau melakukan daftar ulang pada Selasa (16/5/2017). Sama dengan prosedur sebelumnya, proses ini pun tidak dapat diwakilkan.
 
Sementara itu, bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, selain melakukan verifikasi data akademik, PTN tujuan akan melakukan verifikasi data ekonomi dan atau kunjungan ke alamat tinggal orangtua peserta untuk menetapkan status peserta sebagai mahasiswa.
 
"Setiap PTN memiliki aturan dan tata cara yang berbeda. Oleh sebab itu, peserta harus mengecek di laman masing-masing PTN," ujar Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2017 Ravik Karsidi, Rabu (26/4/2017).
 
Ia melanjutkan, jangan sampai peserta tidak verifikasi dengan alasan tidak baca pengumuman.
Seperti diketahui, hasil SNMPTN 2017 telah diumumkan secara online pada Rabu(26/4/2017) pukul 14.00 WIB.

Pengumuman itu bisa diihat di laman resmi SNMPTN 2017 atau Liputan Khusus SNMPTN 2017 di Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.