Kompas.com - 08/06/2017, 15:05 WIB
Berdasarkan hasil publikasi tahunan QS University Ranking itu, UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut Dok QS World RangkingBerdasarkan hasil publikasi tahunan QS University Ranking itu, UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut
Penulis Latief
|
EditorLatief

DEPOK, KOMPAS.com - Peringkat Universitas Indonesia (UI) di tingkat dunia naik ke posisi 277 dunia. Sebelumnya UI berada di peringkat 325 dunia.

Hasil pemeringkatan itu dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 Perguruan Tinggi di 84 negara di dunia. Hasil pemeringkatan tersebut dirilis Kamis (8/6/2107) di www.topuniversities.com.

Berdasarkan hasil publikasi tahunan QS University Ranking itu, UI berhasil mempertahankan posisinya menjadi universitas terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut. University Ranking itu sendiri merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan Perguruan
Tinggi di Indonesia menuju World Class University.

"Kami bangga UI berhasil masuk ke dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dalam peta pendidikan dunia internasional. Kami akan terus gencar melakukan peningkatan mutu pengajaran, pengabdian masyarakat serta terlibat dalam penelitian mutakhir," ujar Rektor UI Prof Muhammad Anis.

Tahun ini UI berencana tetap menggencarkan pelaksanaan konferensi internasional guna memacu pengembangan budaya riset dan inovasi serta meningkatkan jumlah publikasi jurnal ilmiah internasional.

Anis mengatakan, UI akan fokus pada pengembangan riset dan inovasi yang berbasis pada pemberian solusi atas permasalahan bangsa.

Sebagai catatan, pada perhitungan yang dilakukan oleh tim QS, tahun ini UI mengalami peningkatan signifikan pada performa “International Faculty”. Dalam upaya internasionalisasi, UI menambah jumlah dosen asing dan peneliti asing untuk dapat memberikan ajaran kepada mahasiswa UI serta memberikan pengalaman kepada dosen UI untuk mengajar di universitas
asing mitra UI di luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun ini QS  University Rankings telah menganalisis 75 juta kutipan ilmiah dari 12 juta naskah ilmiah serta melakukan survei kepada 115,000 responden yang merupakan para pimpinan perusahaan serta dosen dan peneliti di lebih dari 4.000 universitas di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.