Kompas.com - 13/06/2017, 03:32 WIB
Calon mahasiswa baru melaksanakan ujian SBMPTN 2017 di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia, Selasa (16/05/2017) Auzi Amazia/KOMPAS.comCalon mahasiswa baru melaksanakan ujian SBMPTN 2017 di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Universitas Indonesia, Selasa (16/05/2017)
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Jumlah peserta ujian yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sudah diumumkan Senin (12/6/2016). Universitas Indonesia menjadi salah satu PTN yang menerima mahasiswa baru terbanyak dari jalur ini.

Jumlah pendaftar SBMPTN 2017 di UI juga menempati nomor dua tertinggi setelah Universitas Brawijaya, yang mencapai 92.776 peserta. Adapun total peserta yang baru saja lolos seleksi dari jalur tersebut sebanyak 3.467 orang.

Peserta ujian SBMPTN untuk jurusan Sains dan Teknologi (Saintek) di UI tergolong paling banyak peminatnya, yaitu pada program studi Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Sistem Informasi.

Sementara itu, peserta ujian untuk kategori Sosial dan Humaniora (Soshum) paling banyak memilih Ilmu Hukum, Akuntansi, dan Manajemen.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Ainun Na'im, bersama Ketua Panitia Lokal Jakarta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017, Bambang Wibawarta, meninjau salah satu lokasi pelaksanaan ujian SBMPTN 2017 di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Selasa (16/5/2017) lalu.

Ketua Panitia Lokal Jakarta SBMPTN 2017 sekaligus Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Bambang Wibawarta mengatakan penerimaan mahasiswa S1 kelas reguler UI sampai di SBMPTN ini.

"Di jalur ujian SIMAK, fokus untuk kelas paralel dan internasional saja. Jadi, penerimaan mahasiswa S-1 reguler UI hanya melalui SBMPTN dan SNMPTN," kata Bambang di Gedung RIK UI, Selasa (16/05/2017).

Tahun ini sepuluh besar universitas dengan jumlah penerima dari jalur SBMPTN terbanyak terdiri dari:

1. Universitas Brawijaya = 4.176 mahasiswa baru

2. Universitas Nusa Cendana = 4.122 mahasiswa baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.