Kompas.com - 13/07/2017, 17:39 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 3000 pelari akan berlari di komplek Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Minggu (16/7/2017), pekan ini. Mereka akan memperebutkan juara lomba lari half marathon bertajuk 'BNI UI Half Marathon 2017'

Untuk pertama kalinya Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menggelar lomba lari half marathon yang terdiri dari lari berjarak 5 km, 10 km dan 21 km. Kompetisi tersebut untuk memperingati 30 tahun Kampus UI di Depok sekaligus ulang tahun BNI ke-71.

"Sebetulnya ide dasar lomba ini sudah ada sejak kepengurusan baru Iluni yang diangkat pada akhir Februari lalu. Kami ingin gabungkan para alumni lewat olahraga, salah satunya lari, sebab ternyata banyak juga alumni yang penggemar lari dan itu dalam level fakultas," ujar Andre Rahadian, Sekjen Iluni UI, pada jumpa pers di FX Sudirman, Kamis (13/7/2017).

Andre mengatakan rencananya dana yang terkumpul dari acara ini akan disumbangkan untuk dana abadi UI. Dia mengatakan bahwa target tersebut sudah tercapai sekitar Rp 200 juta dari dan akan dikelola melalui BNI.

"Nantinya ada juga dana dalam bentuk beasiswa, dan dana pembinaan untuk komunitas UI runners," tambah Andrea.

R Gatot Surjatmodjo, Assistant Vice President BNI, mengatakan bahwa dukungan BNI untuk mewadahi komunitas pelari di UI adalah sarana mendekatkan perbankan dengan kalangan yang bukan hanya warga UI sendiri, namun juga masyarakat luas.

Ketua Panitia BNI UI Half Marathon 2017, Beny Syaaf.M LATIEF/KOMPAS.com Ketua Panitia BNI UI Half Marathon 2017, Beny Syaaf.
Selama ini BNI sendiri dikenal sebagai bank kampus sehingga perlu makin meluaskan kedekatannya dengan masyarakat lewat bermacam cara, salah satunya lomba lari. Untuk itu, BNI dan Iluni akan terus bekerjasama dalam banyak kegiatan yang berhubungan dengan dinamika kampus dan kemasyarakatan.

"Banyak program untuk bisa saling dukung, termasuk dalam lomba lari ini. Buat kami ini momentum baik untuk makin dekat dengan masyarakat," kata Gatot. 

Ketua Panitia BNI UI Half Marathon 2017, Beny Syaaf, mengatakan animo peserta lomba lari ini sangat tinggi. Sejak Jumat (7/7/2017) lalu pendaftaran sudah ditutup hingga mencapai 3000 peserta.

"Semua kategori lari sudah habis. Peserta tidak cuma dari UI, tapi kalangan luar UI, termasuk mereka yang sering menjadi juara lari. Tapi, peserta dari warga negara asing kami batasi," ujar Beny.

Kebetulan, lanjut Beny, beberapa pelari yang pernah beberapa kali menjadi juara lari adalah alumni UI. Mereka adalah Eni Rosita yang baru saja menjadi juara Tambora Challenge 2017 dan atlet lari dari Mapala UI, Fandi Achmad, yang tahun ini menggondol juara "Rinjani 100".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.