Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kemendikbud Gelar Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) 2017

Kompas.com - 09/09/2017, 10:08 WIB
Kurniasih Budi

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) guru SD dan SMP 2017.

Perlombaan tingkat nasional yang digelar 4-8 September 2017 itu diselenggarakan di Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta. Peserta lomba terdiri atas 102 guru SD dan 100 guru SMP yang telah lolos seleksi tahap III.

Tujuan lomba yakni meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru. Para guru dituntunt berinovasi untuk memecahkan masalah proses pembelajaran. Dengan demikian guru mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.

Perlombaan ini berlangsung dalam 3 tahap diantaranya, seleksi tahap I yang merupakan seleksi administrasi secara daring, seleksi tahap II yaitu seleksi naskah yang terdiri dari penilaian konten dan plagiarisme (Sitasi dan Similarity).

Para guru memamerkan hasil karyanya dalam lomba INOBEL 2017 di Kuta, Bali pada 4-8 September 2017. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Para guru memamerkan hasil karyanya dalam lomba INOBEL 2017 di Kuta, Bali pada 4-8 September 2017. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Peserta yang lulus pada seleksi tahap I dan tahap II diikutsertakan dalam workshop Inovasi Pembelajaran. Peserta workshop adalah 300 guru SD dan 300 guru SMP yang terpilih pada tahap I dan II, yang kemudian diminta untuk memperbaiki naskah yang akan dinilai pada Tahap III. Seleksi naskah tahap III yang merupakan tahap penentuan finalis lomba.

Guru SD yang mengikuti lomba sebanyak 102 peserta. Mereka mengikuti lomba dengan berbagai kategori yakni, guru kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebanyak 34 peserta; guru kelas yang melakukan inovasi  pembelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial, PKn dan Bahasa Indonesia (IPSPB) sebanyak 34 peserta; guru mata pelajaran yang melakukan inovasi pembelajaran Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Pendidikan Agama, dan Muatan Lokal (SORAM) sebanyak 34 peserta.

Guru SMP yang menjadi peserta lomba Inobel 2017 sebanyak 100 peserta. Mereka terbagi dalam kategori guru mata Pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebanyak 34 peserta; guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, PKn, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris (IPSPB) sebanyak 34 peserta; guru mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan, dan  Bimbingan Konseling (SORAK) sebanyak 32 peserta.

Seorang guru tengah mempresentasikan karyanya dalam perlombaan INOBEL 2017 di Kuta, Bali. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud di Kuta, Bali. Seorang guru tengah mempresentasikan karyanya dalam perlombaan INOBEL 2017 di Kuta, Bali. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud di Kuta, Bali.

Para finalis memamerkan hasil karyanya serta mempresentasikan di depan juri untuk dinilai. Dari keenam bidang lomba, dipilih 3 besar finalis sebagai pemenang.

Selain perlombaan tersebut, Prof. Abdorrakhman Ginting memberikan materi penguatan guru oleh  bertema "Profesionalisme Guru Menghadapi Persaingan Global."

Para pemenang perlombaan Inobel Tahun 2017 mendapatkan hadiah berupa laptop dan uang tunai. Juara 1 mendapatkan Rp 10 juta, juara 2 mendapatkan Rp 7,5 juta, juara 3 mendapatkan Rp 5 juta.

Sementara, para finalis lainnya mendapatkan uang Rp 3 juta. Selain itu, peringkat 10 besar memperoleh laptop, dan seluruh finalis juga mendapatkan piagam penghargaan dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Para guru yang memenangi kompetisi INOBEL 2017 yang diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudi pada 4-8 September 2017 di Kuta, Bali. Para guru yang memenangi kompetisi INOBEL 2017 yang diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudi pada 4-8 September 2017 di Kuta, Bali.

Para guru yang menjuarai lomba setiap kategori adalah:

SD MIPA:
1. Hendrik Hermawan, M.Pd
SD Negeri 1 Karangasem
Kabupaten Grobogan, Jateng
2. Rajab Effendi, S.Pd.I., S.Pd
SDIT Rabbi Radhiyya Curup
Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu
3. Pudin, M.Pd
SD Negeri Cibiuk Kaler III
Kabupaten Garut, Jabar

SD IPSPB:
1. Budi Prihartini, S.Pd. SD
SDN 4 Bucu
Kabupaten Jepara, Jabar
2. Imam Turmudi, S.Pd.SD
SDN 1 Masaran
Kabupaten Trenggalek, Jatim
3. Nanang Heryanto, S.Pd.I, M.Pd
SD Negeri 2 Baregbeg
Kabupaten Ciamis, Jabar

SD SORAM:
1. Fajar Tri Laksono, M.Pd
SD Pembangunan Jaya 2
Kabupaten Sidoarjo, Jatim
2. Kiki Ratnaning Arimbi, S.Pd
SDN Banyuarang 1
Kabupaten Jombang, Jatim
3. Agung Vendi Setyawan, S.Pd. SD
SD Negeri Tamanan 2 Kalasan
Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

SMP MIPA:
1. Eka Purjiyanta, S.Pd, M.Pd
SMP Negeri 2 Demak
Kabupaten Demak, Jateng
2. Rachma Indah Kurnia, M.Pd
SMP Negeri 2 Bojonegoro
Kabupaten Bojonegoro, Jatim
3. Sri Hartono, S.Pd
SMP Negeri 1 Manyaran
Kabupaten Wonogiri, Jateng

SMP IPSPB:
1. Mushlihatun Syarifah, S.Pd
SMP Negeri 8 Salatiga
Kota Salatiga, Jateng
2. Imatul Awaliyah, M.Pd
SMP Negeri 1 Gondang
Kabupaten Tulungagung, Jatim
3. Hilmin Dwi Astuti, M.Pd
SMP Negeri 1 Semanding
Kabupaten Tuban, Jatim

SMP SORAK:
1. Umi Rosidah, M.Pd.I
SMPN 2 Kepung
Kabupaten Kediri, Jatim
2. Ninik Setyawati, S.Pd.
SMPN 1 Pacitan
Kabupaten Pacitan, Jatim
3. Wijaya Kusumah, M.Pd
SMP Labschool Jakarta
Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com