KILAS

Kemendikbud Gelar Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) 2017

Kompas.com - 09/09/2017, 10:08 WIB
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba inovasi pembelajaran guru SD dan SMP di Kuta, Bali, 4-8 September 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar lomba inovasi pembelajaran guru SD dan SMP di Kuta, Bali, 4-8 September 2017
|
EditorKurniasih Budi

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal  Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) guru SD dan SMP 2017.

Perlombaan tingkat nasional yang digelar 4-8 September 2017 itu diselenggarakan di Hotel Mercure Bali Harvestland Kuta. Peserta lomba terdiri atas 102 guru SD dan 100 guru SMP yang telah lolos seleksi tahap III.

Tujuan lomba yakni meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru. Para guru dituntunt berinovasi untuk memecahkan masalah proses pembelajaran. Dengan demikian guru mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.

Perlombaan ini berlangsung dalam 3 tahap diantaranya, seleksi tahap I yang merupakan seleksi administrasi secara daring, seleksi tahap II yaitu seleksi naskah yang terdiri dari penilaian konten dan plagiarisme (Sitasi dan Similarity).

Para guru memamerkan hasil karyanya dalam lomba INOBEL 2017 di Kuta, Bali pada 4-8 September 2017. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. Para guru memamerkan hasil karyanya dalam lomba INOBEL 2017 di Kuta, Bali pada 4-8 September 2017. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Peserta yang lulus pada seleksi tahap I dan tahap II diikutsertakan dalam workshop Inovasi Pembelajaran. Peserta workshop adalah 300 guru SD dan 300 guru SMP yang terpilih pada tahap I dan II, yang kemudian diminta untuk memperbaiki naskah yang akan dinilai pada Tahap III. Seleksi naskah tahap III yang merupakan tahap penentuan finalis lomba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Guru SD yang mengikuti lomba sebanyak 102 peserta. Mereka mengikuti lomba dengan berbagai kategori yakni, guru kelas yang melakukan inovasi pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebanyak 34 peserta; guru kelas yang melakukan inovasi  pembelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial, PKn dan Bahasa Indonesia (IPSPB) sebanyak 34 peserta; guru mata pelajaran yang melakukan inovasi pembelajaran Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan, Pendidikan Agama, dan Muatan Lokal (SORAM) sebanyak 34 peserta.

Guru SMP yang menjadi peserta lomba Inobel 2017 sebanyak 100 peserta. Mereka terbagi dalam kategori guru mata Pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebanyak 34 peserta; guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, PKn, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris (IPSPB) sebanyak 34 peserta; guru mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan, dan  Bimbingan Konseling (SORAK) sebanyak 32 peserta.

Seorang guru tengah mempresentasikan karyanya dalam perlombaan INOBEL 2017 di Kuta, Bali. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud di Kuta, Bali. Seorang guru tengah mempresentasikan karyanya dalam perlombaan INOBEL 2017 di Kuta, Bali. Perlombaan INOBEL 2017 diselenggarakan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud di Kuta, Bali.

Para finalis memamerkan hasil karyanya serta mempresentasikan di depan juri untuk dinilai. Dari keenam bidang lomba, dipilih 3 besar finalis sebagai pemenang.

Selain perlombaan tersebut, Prof. Abdorrakhman Ginting memberikan materi penguatan guru oleh  bertema "Profesionalisme Guru Menghadapi Persaingan Global."

Para pemenang perlombaan Inobel Tahun 2017 mendapatkan hadiah berupa laptop dan uang tunai. Juara 1 mendapatkan Rp 10 juta, juara 2 mendapatkan Rp 7,5 juta, juara 3 mendapatkan Rp 5 juta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.