Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara ITB Memajukan Indonesia

Kompas.com - 11/12/2017, 18:04 WIB
Josephus Primus

Penulis



KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) bakal merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-100 pada 2020. Kendati demikian, persiapan menuju pada perayaan itu sudah berlangsung sejak saat ini.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi, dalam penjelasannya kepada media pada Sabtu (9/12/2017) mengatakan bahwa kick off atau penanda pembuka kegiatan adalah penyelenggaraan pengumpulan dana resmi melalui turnamen golf. Acara itu dilaksanakan di Damai Golf & Country Club, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. "Serangkaian acara masih akan kami laksanakan kemudian," tuturnya di lokasi padang golf tersebut.

Lebih lanjut, Kadarsah yang didampingi Ketua Majelis Wali Amanat ITB Betti Alisjahbana dan Ketua Panitia Penyelenggara Seabad ITB Benedictus "Boy" Kombaitan, kala itu, menerangkan bahwa tema HUT adalah Innovation for Sustainable Growth. Tema itu, salah satu fokusnya adalah untuk memajukan Indonesia melalui kemunculan dan peran para wirausaha.

"Kami memiliki target empat persen dari alumni ITB menjadi wirausaha, hingga lima tahun ke depan sejak 2015," tutur rektor yang mengemban jabatan untuk periode 2015-2020 ini.

Kadarsah menerangkan bahwa di negara-negara maju, jumlah ideal wirausaha adalah delapan persen dari total jumlah penduduk. "Indonesia kan belum. Harus menuju ke sana," ujarnya.

Untuk mencapai target di atas, imbuh Kadarsah, sudah menerapkan tiga hal. Pertama, excellent in teaching. Kedua, excellent ini research. Ketiga, excellent innovation and enterpreneur.

"Bagi kami, riset itu tidak boleh berhenti di atas kertas tetapi harus punya nilai ekonomi dan sosial untuk masyarakat, bangsa, dan negara," ujarnya.

Sementara itu, Betti Alisjahbana menambahkan bahwa sejak 1920 hingga kini, jumlah alumni ITB mencapai 100.000 orang. "Salah satu lulusan terbaiknya ya Bung Karno (Ir. Soekarno-Presiden pertama RI-red)," ujarnya.

Berikut ini beberapa kegiatan menjelang HUT ke-100 ITB. Pada 2018, digelar konferensi internasional tentang infrastruktur dan transportasi, konferensi internasional tentang ICT dan perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup), serta konferensi nasional tentang ekonomi kreatif.

Lantas, pada 2019, ITB menggelar dua konferensi nasional. Yang pertama bertema maritim. Yang kedua mengenai pengembangan wilayah Indonesia bagian timur.

Pada 2020, ITB menggelar konferensi internasional tentang energi dan lingkungan. Lalu ada juga SMART Expo ITB dan Pergelaran Budaya ITB Ganesha 100.

 

Dari kiri ke kanan, Rektor Institut Teknlogi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi, Ketua Majelis Wali Amanat ITB Betti Alisjahbana, dan Ketua Panitia Penyelenggara Seabad ITB Benedictus Boy Kombaitan.
Kompas.com/Josephus Primus Dari kiri ke kanan, Rektor Institut Teknlogi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi, Ketua Majelis Wali Amanat ITB Betti Alisjahbana, dan Ketua Panitia Penyelenggara Seabad ITB Benedictus Boy Kombaitan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com