"Coding" Siap Masuk ke Dalam Kurikulum Sekolah di Indonesia

Kompas.com - 12/01/2018, 07:01 WIB
Ilustrasi coding. Cyberprogrammers.netIlustrasi coding.
|
EditorKurniasih Budi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari kebosanannya terhadap PR atau pekerjaan rumah yang diberikan, Yuma Soerianto (10) kerap membuka YouTube untuk menyaksikan berbagai video pelajaran. Namun, bukan pelajaran biasa yang ia tonton, melainkan video turorial mengenai coding.

Saat itu usianya masih 6 tahun. Ia merasa bahwa pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolahnya kurang menantang. Selama empat tahun belajar otodidak dengan media YouTube, Yuma telah berhasil menciptakan lima aplikasi dan sudah tersedia di App Store.

Lima aplikasi tersebut adalah Let's Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke.

Berkat kemampuannya tersebut, ia pun diundang dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose (AS) pada 2017 lalu dan bertemu langsung dengan CEO Apple Tim Cook.

Yuma dan ayahnya Hendri Soerianto di depan WWDC 2017 di Amerika Serikat(Australia Plus Indonesia) Yuma dan ayahnya Hendri Soerianto di depan WWDC 2017 di Amerika Serikat

Dilansir dari Kompas.com, Senin (19/6/2017), ternyata anak yang bersekolah di Middle Park Primary School di Melbourne itu berasal dari Indonesia.

Baca: Yuma, "Programmer" Usia 10 Tahun Asal Indonesia yang Dipuji Bos Apple

Dalam wawancara dengan program Radio National ABC, Yuma mengatakan bahwa dia ingin membuat aplikasi yang bisa mengubah dunia, dan juga dia ingin membagi ilmunya mengenai coding kepada siapa saja yang ingin belajar.

Seberapa penting ilmu coding?

Menurut padanan dalam bahasa Indonesia, coding merupakan bahasa pemrograman pada komputer. Kehadirannya dalam dunia digital sangat vital karena merupakan "nyawa" dari sebuah software atau aplikasi.

Pada era digital seperti sekarang ini, ilmu coding sangatlah diperlukan. Setidaknya, dibutuhkan banyak generasi muda seperti Yuma yang menguasai ilmu ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X