Pekan Ini, Orientasi "Mahasiswa Online" di Binus Dimulai! - Kompas.com

Pekan Ini, Orientasi "Mahasiswa Online" di Binus Dimulai!

Kompas.com - 02/03/2018, 11:31 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan ini, tepatnya sejak Rabu (28/2/2018) lalu, Binus Online Learning Universitas Bina Nusantara (Binus) memulai orientasi untuk mahasiswa barunya perkuliahan online. Dilaksanakan di Kampus Binus Syahdan, orientasi mahasiswa tersebut diikuti kurang lebih 80 mahasiswa. 

"Orientasi lebih untuk membantu mahasiswa memahami tata tertib kampus, terutama sistem pembelajaran online atau online learning," ujar Agus Putranto, Deputy Director, Binus Online Learning, Kamis (1/3/2018).

Terhitung sejak 2014 lalu, menyusul keluarnya SK SK No 146/E/O/2014 pada Juni 2014 lalu, Binus mulai melakukan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. Online learning merupakan suatu metode pembelajaran yang mulai Binus sejak 14 Februari 2009.

Metode tersebut diperuntukkan bagi orang yang sudah bekerja, ibu rumah tangga, atau orang yang memiliki kesibukan sehingga tak mempunyai waktu menjalankan aktifitas perkuliahan di kampus. Melalui metode ini mahasiswa tetap dapat menjalankan aktifitas perkuliahan secara online tanpa harus mengganggu pekerjaannya.

Terkait SK tersebut, Binus tercatat sebagai perguruan tinggi swasta pertama yang memperoleh izin pendidikan jarak jauh tersebut dari pemerintah yang salah satu peraturan untuk pelaksanaan pendidikan tersebut adalah adanya Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) yang dirancang Binus di Binus University Learning Community (BULC).

Untuk pertanyaan terkait dengan mata kuliah, misalnya, dapat dilakukan pada course room. Untuk pembahasan tugas kelompok, mahasiswa dapat melakukannya di Team Room.

Sementara itu, untuk pertanyaan atau konsultasi personal dengan dosen bisa dilakukan melalui Personal Room. Selain itu, juga disediakan Class Conference untuk memudahkan mahasiswa berinteraksi dalam virtual class yang bersifat pilihan atau tambahan.

"Di sinilah mahasiswa bisa melakukan kegiatan tutoring dengan tutor yang disediakan di masing-masing wilayah, termasuk untuk ujian danlain- lainnya tanpa harus datang ke kampus di Jakarta," kata Agus.


EditorLatief

Close Ads X