BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Podomoro University

Sarjana Takut Menganggur? Percuma Kuliah Dong...

Kompas.com - 26/03/2018, 08:33 WIB
Kurniasih Budi,
Dimas Wahyu

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Tingginya ketidaksesuaian program pendidikan dengan lapangan kerja menjadi persoalan serius di negeri ini. Mengutip data Kementerian Ketenagakerjaan, 3 hingga 4 dari 10 orang bekerja tidak sesuai dengan program pendidikannya.

Angka tersebut cukup besar, mengingat angkatan kerja Indonesia mencapai dua juta orang setiap tahunnya. Dari seluruh angkatan kerja itu, 750.000-800.000 orang berasal dari perguruan tinggi. Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, angka mismatch yang mencapai 63 persen itu perlu segera diatasi.

Persoalan lain yang mesti dirampungkan adalah suplai tenaga kerja yang melebihi permintaan pasar. Sayangnya, sebagian sumber daya manusia Indonesia tidak memiliki kualifikasi serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Saat ini, industri berubah sangat cepat. Jika pendidikan masih berpola sama, maka tenaga kerja yang dihasilkan dunia pendidikan pasti ketinggalan dibandingkan perubahan di dunia usaha itu sendiri. Enggak akan ngejar!” kata Hanif Dhakiri kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2018).

Maka dari itu, tak perlu menunda lagi untuk membekali generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan. Tujuannya supaya mereka siap menghadapi bonus demografi pada 2045 mendatang. Tentu saja keterampilan dan pengetahuan yang mereka kuasai mesti relevan dengan pasar kerja di masa depan.

Agar kompetensi terasah, lembaga pendidikan, utamanya universitas, mesti membekali  mahasiswa dengan praktik kerja di sektor industri yang sesuai.

Seperti yang dilakukan Podomoro University, institusi pendidikan tinggi ini menggabungkan konsep kewirausahaan dan kurikulum berstandar internasional agar dapat melahirkan lulusan yang siap bekerja dan juga siap berwirausaha.

Rektor Podomoro University (PU) Dr. Cosmas Batubara menyaksikan para mahasiswa PU memamerkan bisnis Teh Menari dalam pameran di Neo SOHO Podomoro City, Jakarta.Podomoro University Rektor Podomoro University (PU) Dr. Cosmas Batubara menyaksikan para mahasiswa PU memamerkan bisnis Teh Menari dalam pameran di Neo SOHO Podomoro City, Jakarta.

Universitas itu kini memiliki 10 program studi, yakni Kewirausahaan, Akuntansi, Bisnis Perhotelan, Hukum Bisnis, Arsitektur, Manajemen Rekayasa dan Konstruksi, Teknik Konstruksi Bangunan, Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Desain Produk. Yang terpenting, pembelajaran kewirausahaan sangat melekat di semua program studi yang ada.

Kampus yang didirikan pada 2014 oleh Yayasan Pendidikan Agung Podomoro itu memang menggandeng Babson Global Inc, Amerika Serikat, yang diakui andal dalam kewirausahaan.

Mahasiswa yang duduk di semester I dan II wajib mengikuti mata kuliah Thingking and Acting like an Entrepreneurial Leader (TAEL), yang hanya ada di kampus ini.

Saat duduk di semester pertama, mahasiswa diajarkan membuat business plan (rancangan bisnis)sesuai dengan kurikulum yang diadopsi dari Babson. Dengan begitu, mereka distimulasi untuk bisa mengembangkan ide bisnis serta bekerja sama dalam tim.

“Dengan mengikuti mata kuliah itu, mahasiswa diajak untuk memiliki pola pikir entrepreneurial,” kata Kepala Podomoro University Center of Entrepreneurial Leader (PUCEL) Dr Wisnu Sakti Dewobroto, di kampus Podomoro University, Jumat (16/3/2018).

Tak berhenti sampai di situ, business plan setiap tim mahasiswa yang dibuat pada semester pertama itu akan diuji dalam Business Plan Competition.

Kompetisi itu digelar pada semester kedua perkuliahan. Kegiatan tahunan itu menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk unjuk hasil kerjanya di hadapan para pakar wirausaha. “Mereka akan pitching di hadapan juri, yang salah satunya dari Babson Global,” tuturnya.

Learning by doing

Masa kuliah adalah waktu yang tepat melengkapi diri dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan. Selain laboratorium di kompleks kampus, mahasiswa Podomoro University juga bisa terjun magang di berbagai perusahaan besar.

Maket karya mahasiswa Podomoro University. Institusi pendidikan tinggi tersebut membekali mahasiswanya dengan program magang di berbagai perusahaan baik di dalam maupun luar negeri. KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Maket karya mahasiswa Podomoro University. Institusi pendidikan tinggi tersebut membekali mahasiswanya dengan program magang di berbagai perusahaan baik di dalam maupun luar negeri.

Para mahasiswa, khususnya program studi Bisnis Perhotelan, bisa memilih lokasi magang di dalam ataupun di luar negeri. Pada semester ketiga, mahasiswa menjalani magang operasional selama 6 bulan. Lalu, pada semester ke-8, mereka akan magang lagi untuk bidang manajerial.

Seperti yang dijalani Bella, mahasiswa angkatan 2015 program studi Bisnis Perhotelan. Saat memasuki semester ketiga, ia memilih magang di The Meydan Hotel, Dubai.

Hotel tempatnya magang merupakan bintang lima yang bisa dijangkau 15 menit dari Dubai International Airport, serta 10 menit ke Dubai Mall dan gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. “Di Dubai, perkembangan bisnis perhotelannya sangat pesat,” katanya.

Sementara itu, Theophilus Hans yang juga kuliah di Program Studi Bisnis Perhotelan memilih Hotel Shangri-La Jakarta sebagai lokasi magang. Hans yang mengambil program peminatan kuliner ingin memperkaya keterampilan untuk mengolah pastry.

“Shangri-La merupakan salah satu hotel terbaik di Jakarta, khususnya di bidang pastry. Saya berharap bisa menambah koneksi dan skill di bidang pastry dengan menjalani program internship di sini,” tuturnya.

Mahasiswa Podomoro University di kantin kampus yang berada di lantai 3 Central Park Mall, Jakarta Barat.KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Mahasiswa Podomoro University di kantin kampus yang berada di lantai 3 Central Park Mall, Jakarta Barat.

Dengan pengalaman di bidang kerja yang selama ini digeluti pengembang kawakan Agung Podomoro, seperti kontruksi, arsitektur, perhotelan, kewirausahaan, dan keuangan, Podomoro University memberi porsi yang cukup banyak untuk pelatihan kerja mahasiswa.

Mahasiswa diasah kompetensinya tidak hanya di laboratorium yang ada di kompleks kampus, tetapi juga di proyek-proyek Agung Podomoro yang disebut laboratorium organik. Seperti yang dialami Muhammad Nuril Huda, mahasiswa angkatan 2015 Podomoro University.

Saat libur semester keempat, Nuril mengikuti program magang selama dua bulan. Ia sengaja memilih Borneo Bay Residence di Balikpapan yang merupakan proyek mixed use. Proyek properti Agung Podomoro Land yang dibangun di tepi pantai itu memang terdiri atas apartemen, ritel, mal, hotel, dan fasilitas lanskap.

“Sangat berbeda antara bekerja di kantor dan di lapangan. Di sana, saya bisa melihat gambar-gambar kerja proyek bangunan highrise 25 lantai,” katanya saat dihubungi, Jumat (23/3/2018).

Ia merasa beruntung bisa magang di megaproyek tersebut. Sebab, tidak semua mahasiswa arsitektur bisa mencecap pengalaman bekerja di proyek mixed use.

Ternyata tak mudah ikut terlibat dalam proyek properti. Setiap hari, Nuril mengikuti supervisor arsitektur ke lapangan. Mulai pukul 09.00 pagi hingga 05.00 sore, ia mesti naik turun proyek 25 lantai itu.

Mahasiswa Program Studi Arsitektur Podomoro University memang wajib mengikuti program magang, minimal dua kali, yang bisa dilakukan setiap liburan.

Setelah bekerja selama dua bulan di Balikpapan, Nuril menilai magang perlu dilakukan mahasiswa, utamanya yang mempelajari ilmu teknik. Tanpa magang, mahasiswa arsitektur bagaikan buah mengkal, kuat menguasai teori, tetapi lemah secara aktual di dunia kerja.

“Selain itu, dengan magang, kita bisa tahu tren dan dunia kerja arsitektur seperti apa. Kita juga bisa belajar bagaimana berhubungan dan berkomunikasi dengan berbagai pihak di dunia konstruksi,” tuturnya.

Maket karya mahasiswa Podomoro University. Institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Agung Podomoro membekali mahasiswa dengan program magang, baik di grup usaha Agung Podomoro sendiri maupun di instansi lain.KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Maket karya mahasiswa Podomoro University. Institusi pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Agung Podomoro membekali mahasiswa dengan program magang, baik di grup usaha Agung Podomoro sendiri maupun di instansi lain.

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Pengalaman terlibat langsung dalam proyek sebuah pengembang raksasa merupakan proses pembelajaran yang mahal bagi seorang mahasiswa.

“Pengalaman kami membangun dan mengelola superblok, apartemen, pusat perbelanjaan dan perkantoran, hotel, trading center, serta kawasan industri dan juga kawasan hunian membantu kami memahami kualitas lulusan yang dibutuhkan oleh dunia usaha,” kata Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Agung Podomoro, Trihatma Kusuma Haliman, dalam laman podomorouniversity.ac.id.

Dengan pendidikan yang berbasis kewirausahaan serta keterlibatan langsung dan magang di dunia industri, lulusan Podomoro University bakal memiliki pengetahuan dan semangat seorang entrepreneur. Sarjana dari kampus itu pun berpeluang besar untuk bisa terserap dalam grup usaha Agung Podomoro ataupun perusahaan besar lain di Indonesia.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com