Di Pameran Buku Anak Bologna, 20 Lisensi Buku Indonesia Berhasil Terjual - Kompas.com

Di Pameran Buku Anak Bologna, 20 Lisensi Buku Indonesia Berhasil Terjual

Kompas.com - 31/03/2018, 10:48 WIB
Stan Indonesia dalam Bologna Childrens Book Fair 2018. Indonesia membawa hasil dengan terjualnya 20 lisensi dari dua seri buku, yaitu Good Habits dan Character Building dari penerbit Kesaint Blanc, yang masing-masing terjual 10 judul.Dok. Komite Buku Nasional Stan Indonesia dalam Bologna Childrens Book Fair 2018. Indonesia membawa hasil dengan terjualnya 20 lisensi dari dua seri buku, yaitu Good Habits dan Character Building dari penerbit Kesaint Blanc, yang masing-masing terjual 10 judul.

KOMPAS.com – Keikutsertaan Indonesia dalam Bologna Children's Book Fair 2018 pada 26 - 29 Maret 2018 membawa hasil dengan terjualnya 20 lisensi dari dua seri buku anak.

Kedua seri buku anak tersebut yaitu Good Habits dan Character Building dari penerbit Kesaint Blanc yang ditulis oleh Wikan Satriati, masing-masing terjual 10 judul. Pembelian lisensi buku itu dilakukan oleh Sinolingua, salah satu penerbit dari China.

Ada pula 75 judul dan empat seri buku yang menarik perhatian berbagai penerbit asing untuk membeli hak penerbitan buku anak Indonesia. Para penerbit tersebut dari negara Italia, Spanyol, Perancis, Amerika Serikat, Azerbaijan, Khazakstan, Lebanon, Malta, Turki, Kolombia, China, Singapura, dan Benin.

Dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Perancis, Surya Rosa Putra, mengatakan, salah satu kunci sukses berkontribusi pada perkembangan peradaban adalah pembentukan jejaring internasional dalam pertukaran informasi.

“Pertukaran informasi itu termasuk melalui buku yang merangsang kreativitas dan inovasi bangsa, terutama tentang kultur, sejarah, prinsip hidup, dan tata nilai di Indonesia,” ujar Surya Rosa Putra saat mengunjungi Bologna Children's Book Fair 2018, Kamis (29/3/2018).

Baca juga: Tampilkan Aneka Buku Anak, Indonesia Eksis dalam Bologna Childrens Book Fair

Selain itu, sejumlah ilustrator asing juga berminat terhadap hasil karya ilustrator Indonesia, terutama ilustrasi yang menunjukkan ciri khas tradisi Indonesia.

Selama pameran yang berlangsung empat hari itu, ada program unggulan yaitu bantuan dana penerjemahan, LitRI, yang bernilai maksimum 7.000 dollar AS per judul buku. Promosi ini diberikan agar makin banyak penerbit asing yang berminat pada literatur Indonesia.

Untuk diketahui, peran serta Indonesia dalam Bologna Children's Book Fair 2018 diwakili oleh Komite Buku Nasional. Komite ini berfokus pada promosi literasi Indonesia di panggung internasional melalui penerjemahan karya, pameran buku, festival, dan program residensi penulis.



Close Ads X