Kompas.com - 16/04/2018, 17:21 WIB

KOMPAS.com — Setelah adanya permintaan maaf dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI terlihat mengunggah kuis untuk memberikan komentar atau pendapat mengenai soal Ujian Nasional (UN) 2018.

Sebelumnya, soal UN Matematika telah memancing reaksi masyarakat yang kemudian melontarkan kritik terhadap soal-soal UN berbasis komputer (UNBK). Masyarakat menilai UNBK tersebut tidak rasional dan melenceng jauh dari kisi-kisi UN selama ini.

Sedikit dengan nada berkelakar, admin Instagram kemdikbud.ri masih merahasiakan hadiah yang akan diberikan.

Siapa yang beberapa hari ini berkomentar minta give away? Sekarang kami berikan, ya. Tapi bukan give away nilai UN, loh. Yuk, berikan pendapat dan komentar #SahabatDikbud tentang #SoalUN2018 sesuai dengan ketentuan di atas.

Kuis tersebut ternyata kembali mengundang beragam reaksi warganet zaman now. Beberapa komentar beranggapan kuis tersebut sebagai pengalihan isu atau alih pembahasan dari permasalahan utama.

Kok jadinya masalah #SoalUN2018 kayak dibuat lelucon aja yah, apa ngalihin pembahasan? Sorry Bapak @kemdikbud.ri gak maksud untuk tidak sopan, cuma ngutarain isi hatiungkap akun @doni____ 

Akun @nalifafian menuliskan, “Hmm aku mencium adanya bau bau pengalihan pembahasan…” yang terlihat disukai 303 pembaca.

salah satu komentar warganet terkait kuis #SoalUN2018Kemdikbud.ri salah satu komentar warganet terkait kuis #SoalUN2018

Dengan berseloroh, akun @eldadlfyn menyampaikan, “Ngadain give away? Biar dimaafin kali HAHA”. Atau komentar dari @sharonyolenta yang menuliskan, “Pak, Bapak kira ini lelucon ya?”

Admin dari kemdikbud.id pun lalu berusaha memberikan respons positif atas tanggapan terkait kuis yang mereka unggah. Itu terlihat dalam jawaban untuk mengupayakan dan memperbaiki pendidikan di Indonesia sebagai tanggapan atas akun @blank.zero yang menuliskan, “Penting banget ya pak yg kek beginian? Mending bapak revisi lagi dah sistem pendidikan kita, banyak banget tuh yang perlu direvisi, seperti unbk.”

Tanggapan admin instagram kemdikbud.ri terhadap komentar warganetinstagram Kemdikbud.ri Tanggapan admin instagram kemdikbud.ri terhadap komentar warganet

Di unggahan lain, para admin berusaha memakai gaya anak zaman yang bisa dilihat pada akun @reczaismail yang satir menanyakan perihal hadiah kuis, “Aelah hadiahnya bukan soal MTK UNBK lagi kan?  Yang dalam dialognya ditanggapi admin litbangdikbud.ri dengan, “ini mobile legends yah?”.

Tanggapan kekinian dari admin libangdikbudinstagram Kemdikbud.ri Tanggapan kekinian dari admin libangdikbud

Hingga tulisan ini diturunkan setidaknya sudah terdapat 3.800 lebih warganet yang memberikan tanggapan terhadap kuis yang diluncurkan dengan tagar SahabatDikbud dan SoalUN2018 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.