Warganet Khawatir Polemik UN SMA Berimbas ke Tingkat SMP - Kompas.com

Warganet Khawatir Polemik UN SMA Berimbas ke Tingkat SMP

Kompas.com - 16/04/2018, 20:31 WIB
Siswa SD melihat Ujian Nasional kakak kelasnya menjadi kuatir akan Ujian Nasional SD yang akan dihadapinya.instagram Kemdikbud.ri Siswa SD melihat Ujian Nasional kakak kelasnya menjadi kuatir akan Ujian Nasional SD yang akan dihadapinya.

Kompas.com - Polemik Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK yang berujung pada permintaan maaf Menteri Pendidikan dan Kebudayaan masih menyisakan kekuatiran, khususnya untuk siswa SMP/MTs yang akan menghadapi UN pekan mendatang.

Hal itu tergambar dari beberapa komentar yang muncul pada akun instagram resmi kemendikbud.ri yang juga mengunggah kuis berhadiah dengan tagar #SoalUN2018.

Seperti harapan akun @fathiafirda_ yang menuliskan"Pak UN smp jangan aneh aneh yak :) atau akun @lisnawatiwjy yang mengharapkan, "SOAL UN SMP 2018 PLEASE JANGAN SUSAH2 DOANG KAAK HELP PAPUY PALA ANA. "UN SMP 2018 JANGAN SUSAH POKOKNYA!!!"  permintaan akun @khansapr.

Siswa SMP menguatirkan polemik UN SMA akan berulang di UN SMP minggu mendatanginstagram Kemdikbud.ri Siswa SMP menguatirkan polemik UN SMA akan berulang di UN SMP minggu mendatang

Akun @putrinabiilaaa juga mengeluhkan hal senada dengan mengunggah komentar di instagram kemendikbud.ri, "USBN SMP belum kelar, UNBK minggu dpn. Berapa banyak kalori yang terbuang karena memikirkan USBN dan UNBK? Apakah ada dampak lainnya? #SoalUN2018 saya menjadi sehat badan tetapi tidak sehat otak."

Ungguhan komentar siswi SMP yang menguatirkan UNBK yang akan diadakan minggu depan.instagram Kemdikbud.ri Ungguhan komentar siswi SMP yang menguatirkan UNBK yang akan diadakan minggu depan.
Namun, ada juga yang tetap menunjukkan optimismenya menghadapi UNBK SMP seperti yang ditunjukkan akun @mualahanifa_. Dia menyatakan tetap semangat menghadapi UN pekan depan, meski melihat kakak kelasnya 'pusing' mengerjakan soal UNBK yang tidak sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan.

Demikian pula dengan akun @nawangmm_ siswi SMPN 33 Surabaya yang menghadapi ketakutan dan kecemasan perihal UN SMP dengan segala kelucuannya.

Masih ada optimisme yang tumbuh di tengah polemik soal UN 2018 lalu dalam menghadapi UN SMP minggu mendatang.instagram Kemdikbud.ri Masih ada optimisme yang tumbuh di tengah polemik soal UN 2018 lalu dalam menghadapi UN SMP minggu mendatang.

Masih ada optimisme siswa SMP yang akan menghadapi UN minggu depan di tengah polemik soal UN SMA/SMK yang baru berlalu.instagram Kemdikbud.ri Masih ada optimisme siswa SMP yang akan menghadapi UN minggu depan di tengah polemik soal UN SMA/SMK yang baru berlalu.

Bahkan, kehebohan sulitnya UN Matematika tingkat SMA/SMK beberapa waktu lalu turut membuat seorang siswa SD kelas 5 memiliki kecemasan, meskipun mereka baru akan mengikuti UN SD tahun depan. 

"Pak emang bener ya UN dan US SD tahun depan delapan mata pelajaran? Saya ngeliat kakak kelas saya tiga pelajaran saja aja udah stress apalagi delapan,"  demikian curahan hati akun @naylashaps di antara komentar lainnya.



Close Ads X