Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Jurusan Favorit dan Tingkat Persaingannya!

Kompas.com - 18/04/2018, 20:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo,
M Latief

Tim Redaksi

 

Kompas.com — Berdasarkan sumber resmi yang dikeluarkan panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, ada tiga program studi (prodi) yang menjadi favorit peserta, yakni kedokteran, ilmu kesehatan masyarakat, serta teknik sipil.

Ketiga jurusan tersebut memiliki tingkat persaingan sangat tinggi, terutama jika dilihat dari 4 Perguruan Tinggi Negeri favorit, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknik Bandung (ITB), dan Universitas Diponegoro (Undip) 

Berikut ketersediaan kursi dan tingkat persaingan prodi favorit keempat PTN tersebut:

  • UI: Prodi Pendidikan Kedokteran masih menjadi pilihan terbanyak peserta SBMPTN tahun 2017. Hanya 4.041 siswa yang dipilih, meskipun hanya tersedia 126 kursi. Menyusul Ilmu Kesehatan Masyakat dengan 2.413 peminat yang menyediakan 105 kursi. Prodi Sistem Informatika yang hanya menyediakan 91 kursi harus diperebutkan oleh 2.254 peserta tahun lalu.
  • UGM: Seperti halnya UI, para peminat prodi Kedokteran sejumlah 3.777 harus memperebutkan 70 kursi yang tersedia. Prodi Farmasi menempati posisi kedua dengan 2.917 peminat dan 96 kursi tersedia disusul prodi Teknik Sipil 2.565 peminat dan 66 kursi.
  • ITB: Teknik Elektro dan Informatika menjadi jurusan yang sangat diminati meski hanya menyisakan 168 kursi untuk 4.215 kursi. Teknik Mesin Dirgantara ternyata memiliki banyak peminat hingga 3.043 memperebutkan 120 kursi yang tersedia. Teknik Pertambangan dan Perminyakan menempati posisi ketiga dengan peminat 2.889 dan 132 kursi.
  • Undip: Prodi Kedokteran juga menjadi pilihan pertama di PTN ini yang menyediakan 86 kursi bagi 3.647 peminat. Ilmu Kesehatan Masyarakat menyediakan 58 kursi dan 2.906 peminat. Teknik Sipil menjadi pilihan favorit ketiga di Undip dengan 2.774 peminat yang akan memperebutkan 70 kursi yang disediakan.

Para peserta SBMPTN dapat langsung melihat data prodi, ketersediaan kursi, dan jumlah peminat melalui laman resmi SBMPTN di http://www.sbmptn.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com