Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Kemdikbud Masih Dibanjiri 'Curhat' UN SMP

Kompas.com - 20/04/2018, 16:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ajakan akun resmi instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperingati Hari Warisan Budaya (18/4/2019) justru dibanjiri 'curhat' netizen perihal pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP yang akan dilaksanakan Senin depan (23/4/2018).

Akun @laila_rachma menyampaikan ,"Pak besok senin kan smp unbk soalnya jangan susah susah yaa pak." Akun @awrara juga menunggah harapan yang sama pada kolom komentar akun Kemdikbud.ri.

Salah satu komentar di akun https://twitter.com/kemdikbud_rihttps://twitter.com/kemdikbud_ri Salah satu komentar di akun https://twitter.com/kemdikbud_ri

Ada pula 'curhat' siswa SMP dengan akun @shutup_00 yang mengeluhkan sulitnya rumor UN tahun ini dan waktu belajar yang lebih singkat.  

Admin akun kemdikbud justru menanggapi hal tersebut dengan balik bertanya, "Lalu apakah dengan membuat ujian yang mudah akan menjamin Indonesia maju?..."

Hasil Nilai Evalasi Murni (NEM) akan berimbas pada penerimaan SMA Negeri menjadi bahasan yang membuat pemilik akun @deon_geranda merasa cemas. "Jadi saya mohon kepada @kemdikbud.ri agar UNBK SMP tahun ini soalnya dibuat mudah dan tidak memakai soal HOTS..."

Kegelisahan yang sama juga disampaikan akun @sidanaamalia yang khawatir tidak dapat masuk SMA favorit lantaran Daftar Nilai Ebtanas Murni (Danem) menjadi salah satu syarat masuk SMA.

Kekhawatiran netizen sulitnya UN SMP mendatang akan berpengaruh pada penerimaan di SMA favorithttps://twitter.com/kemdikbud_ri Kekhawatiran netizen sulitnya UN SMP mendatang akan berpengaruh pada penerimaan di SMA favorit

Akun @yessarelle melemparkan komentar lucu, "pak jangan susa2 soal unbknya, apalagi matnya yg konon katanya pake standar international. standar nasional aja saya udh keder apalagi international mati duduk berdiri saya."

Ada pula yang langsung menyindir dengan mengusung tema yang sedang diangkat. "Iya warisan budaya tapi kenapa ujian unbknya internasional?" komentar akun @tracychandra. 

Komentar warganet perihal Hari Warisan Budaya yang dikaitkan dengan UN SMP yang akan dilaksanakan minggu depan.https://twitter.com/kemdikbud_ri Komentar warganet perihal Hari Warisan Budaya yang dikaitkan dengan UN SMP yang akan dilaksanakan minggu depan.

Lebih dari 5900 lebih warganet telah menyukai pembahasan ini dan 300 lebih memberi komentar di akun instagram resmi @kemdikbud.ri ini.

 

   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com