Kompas.com - 22/04/2018, 13:58 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau kesiapan pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Gegesik, Cirebon (18/4/2018) Dok. BKLM KemendikbudMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau kesiapan pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Gegesik, Cirebon (18/4/2018)

KOMPAS.com - Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan surat edaran Prosedur Operasional Standar (POS) penyelenggaran UN. Di dalamnya, BSNP mengatur pula mengenai tata tertib Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan peserta UNBK diantaranya:

1. Datang terlambat.

Peserta UNBK masuk dalam ruangan ujian setelah tanda masuk dibunyikan yaitu 15 menit sebelum jadwal UNBK dilaksanakan serentak.

Peserta yang terlambat hadir baru dapat mengikuti UN setelah meminta ijin kepada ketua panitia UN sekolah tanpa diberi perpanjangan waktu pengerjaan.

2. Membawa alat bantu.

Segala bentuk alat bantu ujian seperti alat komunikasi elektronik, kalkulator, catatan atau buku tidak diperkenankan dibawa masuk dalam ruang ujian.

Pengawas akan mengumpulkan tas dan seluruh isinya di bagian depan kelas.

3. Menyontek

Selama ujian berlangsung peserta dilarang menanyakan jawaban soal kepada siapa pun maupun bekerja sama dengan peserta lain. 

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X