Kompas.com - 25/04/2018, 19:46 WIB

KOMPAS.com - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari ini telah memasuki hari ketiga dengan jadwal maateri bahasa Inggris. Meski proses berjalan tanpa banyak kendala dibanding hari sebelumnya, komentar para warganet yang mengikuti UN menjadi hiburan tersendiri.

"pak kok tadi un nya gaada subtitle b indonya pak?" canda akun @meutyahrza. Celotehan ini langsung mendapat beragam komentar yang tidak kalah lucu.

"@meutyahrza dipikir drakor (drama korea) apa," sahut @like_photographyyy. "Luh kira Anime," tanggapan senada dari @erwin_sugandhi.

Soal 'subtitle' dalam UN bahasa Inggris juga menjadi bahan candaan lucu yang dilontarkan @mhmdaadam. "Pak dr tadi saya bingung, bingung nyari subtitle nya ada dimana," unggahnya.

"ada kok, diujung atas bagian kanan," tanggapan akun @raudhahs.

Beberapa akun juga menanggapi kesalahan soal terjadi dalam UN bahasa Inggris hari ini.

"Pak tadi soalnya horror pak... Gandhi lahir taun 1869 tapi disuruh sekolah di Inggris sama emaknya tahun 1988. Lah terus dibawahnya katanya Gandhi meninggal tahun 1948. Itu emaknya indigo apa Gandhi yang gentayangan pak?" cerita @gabriella.sally.

Komentar salah satu warganet terhadap soal UNBK bahasa Inggris yang dilakukan hari ini (25/4/2018)Kemdikbud.ri Komentar salah satu warganet terhadap soal UNBK bahasa Inggris yang dilakukan hari ini (25/4/2018)

Ada pula siswa sekolah internasional menceritakan kegundahan hatinya lantaran sulit mengerjakan soal meski sejak kecil telah terbiasa menggunakan bahasa Inggris.

Salah satu warganet memberikan komentar tata bahasa pembuat soal UN bahasa Inggris.Kemdikbud.ri Salah satu warganet memberikan komentar tata bahasa pembuat soal UN bahasa Inggris.

Rupanya kesulitan bukan muncul lantaran tingkat kesulitan tinggi namun karena pembuat soal UN yang dianggapnya masih bermasalah dalam tata bahasa maupun penempatan kata dalam kalimat.

Pihak admin dari akun instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa, @kemdikbud.ri terlihat hanya memberikan komentar akan memperhatikan masukan ini dan berterima kasih atas masukan yang diberikan.

Sejak komentar HOTS UN SMA yang menjadi viral, semakin banyak warganet yang mengunggah komentar mereka seputar pelaksanaan UNBK 2018. Akun yang kini memiliki 231 ribu pengikut tidak pernah sepi dari komentar netizen yang menanggapi UNBK tingkat SMP yang akan berakhir besok (25/4/2018) dengan jadwal ujian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.