Kompas.com - 01/05/2018, 16:12 WIB
Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat Sekolah Dasar akan dilaksanakan 2-5 Mei 2018. https://www.instagram.com/kemdikbud.riUjian Sekolah Berstandar Nasional tingkat Sekolah Dasar akan dilaksanakan 2-5 Mei 2018.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menyusun kisi-kisi soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Dasar (SD) yang akan diadakan dalam minggu ini, 3-5 Mei 2018.

Bentuk soal USBN mencakup pilihan ganda sebanya 90% dan sisanya berupa uraian atau esai. 

Berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang 100% soalnya dibuat oleh pusat, soal untuk USBN 20%-25% disusun oleh pusat dan 75%-80% soal disusun oleh guru-guru dan dikonsolidasikan Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Hasil dari USBN ini memang bukan menjadi syarat mutlak kelulusan tingkat SD. Beberapa syarat siswa dianggap menyelesaikan seluruh program pembelajaran diantaranya; menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan lulus USBN.

Selanjutnya, kelulusan siswa akan ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan rapat dewan guru.

Meski bukan menjadi syarat mutlak, hasil USBN kini menjadi salah satu pertimbangan untuk siswa dapat diterima di tingkat SMP yang telah menerapkan sistem zonasi atau wilayah.

Kemendikbud melalui laman resmi un.kemendikbud.go.id memberikan tautan kisi-kisi soal USBN: https://drive.google.com/drive/folders/1KGXL01d3-rzpt7lhurGWZN3Prtto9FCa

Khusus DKI Jakarta, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto menyatakan naskah soal USBN SD telah didistribusikan dengan baik.

"Naskah USBN sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah. Prosesnya berjalan dengan baik dan lancar," kata Sopan seperti dikutip dari antaranews.com di Jakarta, Senin (30/4/2018). 

Menurut Sopan Adrianto, laporan mengenai proses distribusi tersebut didapat setelah menggelar telekonferensi bersama dengan kepala suku dinas (kasudin) pendidikan yang ada di lima wilayah kota dan kabupaten.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X