Kompas.com - 02/05/2018, 19:57 WIB
Kehadiran album Dendang Kencana pada peringatan Hardiknas (2/5/2018) diharapkan mampu mengisi kekosongan lagu anak yang mendidik dan bermutu. Dok. Bentara BudayaKehadiran album Dendang Kencana pada peringatan Hardiknas (2/5/2018) diharapkan mampu mengisi kekosongan lagu anak yang mendidik dan bermutu.

KOMPAS.com - Kompas Gramedia melalui Bentara Budaya kembali menyelenggarakan Dendang Kencana 2018.  

Tahun ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Dendang Kencana bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempersembahkan album lagu anak “Dendang Kencana” di Gedung Kemdikbud RI, Jakarta (2/5/2018).

Peluncuran album ini sekaligus menjadi penanda dibukanya rangkaian program Dendang Kencana 2018 bertajuk “Dendang Sejuta Anak”.

Album Dendang Kencana merangkum 20 lagu anak terpilih hasil Lomba Cipta Lagu Anak Dendang Kencana yang diselenggarakan 2017 lalu.

Baca Juga: Ki Hadjar Dewantara dan 'Guncangan' Pendidikan Era Industri 4.0

Seluruh lagu tersebut merupakan karya terbaik dari 699 lagu anak yang diseleksi secara ketat oleh para dewan juri yang terdiri atas Dian HP (musisi dan produser musik), Caecilia Hardiarini (dosen program studi musik Universitas Negeri Jakarta), dan Frans Sartono (Direktur Program Bentara Budaya).

Turut hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut Direktur Jenderal Kebudayaan Dr. Hilmar Farid.

Peluncuran album Dendang Kencana dimeriahkan dengan penampilan paduan suara gabungan pemenang Lomba Paduan Suara Anak Dendang Kencana tingkat TK dan SD se-DKI Jakarta, yakni SD Islam Al Izhar, SD Candle Tree, dan SD Santa Laurensia. 

Turut tampil para penyanyi cilik yang berpartisipasi dalam proses rekaman album Dendang Kencana seperti Vanessa, Juan, Bahana, dan Elaine. 

Kegiatan dirangkai sedemikian rupa dengan maksud memberikan bekal kepada para tenaga pendidik agar dapat menciptakan lagu yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Melalui workshop musik dan vokal, diharapkan para pendidik mendapatkan bekal dasar mengajar bernyanyi yang efektif. 

Selama setahun ke depan, kampanye “Dendang Sejuta Anak” akan dirangkai dengan festival anak, lomba paduan suara anak di berbagai kota di Indonesia, serta program-program kepedulian terhadap lagu anak lainnya. 

Pada akhirnya, rangkaian kegiatan ini ingin memberikan kegembiraan bagi anak-anak yang berkesempatan mengungkapkan perasaan dan ekspresinya, serta menceritakan dunianya melalui lagu karya para guru tercinta di Dendang Kencana.

Secara khusus, acara ini juga dimaksudkan meningkatkan keterlibatan dan apresiasi masyarakat terhadap lagu anak. Nantinya, album lagu anak ini akan disebarkan ke sejumlah sekolah di seluruh Indonesia sebagai langkah menyosialisasikan lagu anak yang mendidik dan sesuai dengan usia tumbuh-kembang anak. 

Masyarakat juga dapat mendengarkan beberapa lagu anak Dendang Kencana yang diperkaya dengan visual animasi karya Universitas Multimedia Nusantara pada kanal Youtube ‘Dendang Kencana’.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X