Kompas.com - 03/05/2018, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) memberikan anugerah budaya kepada tiga orang praktisi atau seniman yang dinilai telah berjasa dalam menjaga tradisi serta melakukan inovasi agar kebudayaan itu lestari dari generasi ke generasi.

Acara penganugerahan ini diselenggarakan Kamis, 3 Mei 2018, di Auditorium Gedung IX, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia Kampus UI-Depok.

FIB mengusung tema “Menjaga Tradisi, Membangun Generasi” dalam acara penganugrahan ini.

Pemberian anugerah budaya ini merupakan apresiasi kepada praktisi budaya atau seniman yang dinilai telah memberikan sumbangan istimewa terhadap pelestarian dan pengembangan kebudayaan di Indonesia. 

Baca juga: 1849, Awal Kisah Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia

Panitia FIB UI  telah melakukan penilaian dan seleksi tertutup dengan menggunakan kriteria komitmen, konsistensi, orisinalitas, produktivitas, dan signifikasi. 

Melalui proses tersebut, FIB UI menetapkan penerima anugerah budaya FIB UI 2018 ini diberikan kepada:

1. Eddie Marzuki Nalapraya (Pencak Silat, Jakarta) untuk kategori Pembina Seni.

2. Iman Rahman Anggawiria Kusumah “Kimung” (Guru, Pembuat Film, dan Musisi, Bandung) untuk kategori Seniman Tradisi.

3. Umbu Wulang Landu Paranggi (Sastrawan, Bali) untuk Seniman Modern.

Pemberian hadiah langsung diberikan oleh Dekan FIB UI Dr. Adrianus L.G. Waworuntu, M.A.

Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan kepada masyarakat luas mengenai arti penting menjaga tradisi budaya, menyebarluaskan ilmu pengetahuan budaya sebagai bagian penting dalam membangun bangsa dan meningkatkan reputasi FIB UI dalam kancah pelestarian budaya, di Indonesia khususnya dan dunia secara umum, sebagai bagian dari peradaban dunia.

FIB UI memandang Bangsa yang kuat dapat dilihat dari cara masyarakatnya dalam menghargai budaya. Peran budaya dalam membangun bangsa sangat mendasar karena menyangkut nilai-nilai yang melandasi tatanan kehidupan suatu masyarakat. 

Sebagai pusat unggulan ilmu pengetahuan budaya dan bagian penting dalam membangun pengetahuan bangsa, FIB UI terpanggil secara moral dan intelektual untuk merawat serta menjaga kebudayaan agar tetap bereksistensi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.