Ikut Seleksi SBMPTN UI? Unduh Kisi-Kisi Seleksi Masuknya - Kompas.com

Ikut Seleksi SBMPTN UI? Unduh Kisi-Kisi Seleksi Masuknya

Kompas.com - 05/05/2018, 11:16 WIB
Hasil UN dan rapor sekolah asal tidak akan mempengaruhi penerimaan SBMPTN.@simak_ui Hasil UN dan rapor sekolah asal tidak akan mempengaruhi penerimaan SBMPTN.

KOMPAS.com - Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBPMPTN) akan berlangsung pada Selasa, 8 Mei 2018. Bagi pendaftar SBPTN Universitas Indonesia ( UI), pihak panitia Seleksi Masuk (Simak) UI telah menyediakan tautan untuk mengunduh soal-soal seleksi masuknya.

Melalui akun resmi twitter @simak_ui, panitia Simak UI memberikan tautan untuk mengunduh soal-soal seleksi masuk UI terkait pelajaran dasar IPA dan IPS.

Para peserta SBMPTN dapat mengunduhnya melalui laman: https://t.co/rrwCmiMq38

UI setiap tahun menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana Strata Satu (S1) melalui tiga seleksi masuk yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Simak UI (Seleksi Masuk UI).

Sejak tahun 2017 bangku S1 Reguler hanya dapat ditempuh melalui seleksi masuk SNMPTN dan SBMPTN. Sedangkan program S1 Paralel, S1 Kelas Internasional serta Program Vokasi (Diploma 3) dapat ditempuh melalui Simak UI.

UI memiliki 64 program studi pada S1 Reguler, 31 program studi pada S1 Paralel dan 15 program studi pada S1 Kelas Internasional.

Selain itu, lulusan SMA/sederajat pun dapat memilih program vokasi pada seleksi masuk Simak UI yang memiliki 11 pilihan program studi.

Jadwal seleksi UI dapat dilihat sebagai berikut:

SBMPTN: Pendaftaran telah berakhir 27 April 2018 lalu dan akan dilaksanakan ujian serentak tanggal 8 Mei 2018. Pengumuman hasil SBMPTN juga akan dilakukan bersamaan 4 Juli 2018.

SIMAK UI: Pendaftaran jalur Simak UI juga ditutup bersamaan dengan SBPTN 27 April 2018. Waktu ujian jalur Simak UI berbeda 5 hari yakni 3 Mei 2018 sehingga memungkinkan peserta dapat mengikuti jalur SBMPTN dan juga Simak UI. Pengumuman Simak UI akan dilakukan tanggal 6 Juli 2018.

Panitia Simak UI menyampaikan baik nilai Ujian Nasional maupun rapor sekolah asal tidak akan berpengaruh pada hasil SBMPTN maupun Simak UI. Kelulusan SBMPTN maupun Simak UI sepenuhmya tergantung pada hasil tes tertulis.

 

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X