Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Siswa Siap Kuliah di Swedia

Kompas.com - 05/05/2018, 19:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tahun ini sekitar 400 pelajar Indonesia telah diterima melanjutkan kuliah di beberapa universitas di Swedia.

Kedutaan Besar (Kedubes) Swedia hari ini (5/5/2018) mengadakan acara tahunan 'Student Pre-Daparture' bagi pelajar yang telah diterima. Beberapa diantaranya mendapatkan beasiswa dari Swedish Institute.

Acara ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para pelajar berangkat ke Swedia dengan memberikan pada budaya di sana, jaringan alumni atau perusahaan-perusahaan yang ada di sana.

Kunjungan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir pada tahun 2016 dan kunjungan balik Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Swedia Helene Hellmark Knutsson tahun 2017 nampaknya makin membuat kerjasama pendidikan kedua negara ini kian kuat dan produktif.

Baca juga: Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Telah Dibuka

Wakil Duta Besar Swedia Johan Hultquist bersama dengan pelajar penerima beasiswa dari Swedish InstituteDok. Kedubes Swedia Wakil Duta Besar Swedia Johan Hultquist bersama dengan pelajar penerima beasiswa dari Swedish Institute

Saat ini setidaknya sekitar 150 mahasiswa Indonesia tengah menuntut ilmu di sana dari segala strata jenjang mulai dari S1, S2 dan S3.

Bahkan salah satu pelajar Indonesia, Nora Nindi Arista meraih penghargaan Global Swede Award. Selain menjalani studinya, Nora juga bergabung jaringan Kesehatan Internasional Swedia sebuah jaringan pelajar dari program Kesehatan Umum di Swedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com