Kompas.com - 07/05/2018, 17:44 WIB

 

KOMPAS.com - Mungkin belum banyak yang mengenal profesi QS atau Quantity Surveyor . 

QS adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat estimasi biaya proyek pembangunan, pengendalian biaya konstruksi dan administrasi kontrak dan arbitrator. 

Quantity Surveyor awalnya merupakan profesi yang hanya dikenal di negara-negara persemakmuran (Commonwealth) seperti Malaysia, India, Australia hingga New Zealand dan Inggris sendiri. 

QS memegang peran penting di dalam pembangunan konstruksi karena dialah yang menghitung biaya proyek. Kesalahan yang dilakukan oleh QS bisa berakibat fatal seperti kerugian finansial bahkan proyek mangkrak akibat salah hitung estimasi biaya. 

Baca juga: Apa Jadinya Indonesia Tanpa Wirausaha

Indonesia membutuhkan banyak sekali tenaga QS untuk mendukung proyek-proyek pembangunan yang sedang digalakkan baik oleh pemerintah maupun swasta. 

Meski dibutuhkan nyatanya profesi ini sepi peminat. Penyebabnya jelas. Minimnya informasi tentang QS.

Suasana seminar Quantity Surveying Education in Indonesia and Overseas ? the Supply and Demand yang diadakan Podomoro University (6/5/2018)Dok. Podomoro University Suasana seminar Quantity Surveying Education in Indonesia and Overseas ? the Supply and Demand yang diadakan Podomoro University (6/5/2018)

Dengan tujuan ingin lebih memperkenalkan profesi QS, Podomoro University menyelenggarakan seminar internasional dengan tema "Quantity Surveying Education in Indonesia and Overseas – the Supply and Demand."

Seminar diadakan di area 'Indonesia Building Technology Expo'  ICE BSD City tanggal 6 Mei 2018 lalu.

Dalam pemaparan para pembicara terungkap fakta belum banyak perguruan tinggi Indonesia yang benar-benar fokus menyiapkan QS yang profesional dan berstandar internasional.

Universitas Bung Hatta di Padang adalah universitas pertama yang memiliki program studi (prodi) QS dengan nama Teknik Ekonomi Konstruksi sejak tahun 2002.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.