Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis UNJ: Merajut Kebersamaan, Membangun Harapan

Kompas.com - 15/05/2018, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam Rangka Dies Natalis ke-54, Selasa, 15 Mei 2018. 

Tahun ini UNJ mengangkat tema “Merajut Kebersamaan, Membangun Harapan Menuju Universitas Negeri Jakarta Sebagai Kampus Unggulan”.

Perjalanan panjang UNJ sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dimulai dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Indonesia yang kemudian pada tanggal 16 Mei 1964 diresmikan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta.

Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari jadi (Dies Natalis) IKIP Jakarta. Dalam perkembangannya, tanggal 4 Agustus 1999 berdasarkan SK Presiden, IKIP Jakarta memperoleh perluasan mandat menjadi UNJ.

Baca juga: Suanggi dan Tantangan Guru Garis Depan

Plt. Rektor UNJ, Prof. Intan Ahmad, Ph.D menyampaikan dalam pidatonya, sejak perubahan status IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta pada tahun 1999, UNJ tidak hanya menghasilkan sarjana di bidang kependidikan, tetapi juga menghasilkan sarjana di bidang non kependidikan.

“Peran serta lulusan UNJ mencakup bidang yang lebih luas dalam berbagai aspek pembangunan bangsa. Tantangan berat bagi UNJ adalah bagaimana mempersiapkan lulusan UNJ yang dapat bersaing dan berkompetisi di tataran global, khususnya menghadapi tantangan revolusi industri 4.0,” tambahnya.

Sejak Prof. Dr. Iman Santoso sebagai Ketua Presidium IKIP Jakarta pada tahun 1964, sampai saat ini IKIP Jakarta/UNJ telah dipimpin oleh dua belas orang Rektor/Plt Rektor/Ketua Presidium.

UNJ juga telah melahirkan banyak pendidik dan tokoh nasional pendidikan antara lain Prof. Dr. Conny R. Semiawan dan Prof. Dr. H.A.R. Tilaar. Atas jasa dan peran mereka berdua di bidang pendidikan, UNJ dengan bangga akan menganugerahkan Lifetime Achievement Awards pada kesempatan Dies Natalis kali ini.  

Pada perayaan kali ini, UNJ juga meresmikan gedung sarana pembelajaran Labschool Kebayoran Baru dan gedung parkir UNJ. 

Pada tahun 2018 ini juga direncanakan akan dilaksanakan pembangunan gedung olah raga UNJ di Kampus B, Jalan Pemuda Rawamangun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com