5 Tugas 'Kekinian' Guru

Kompas.com - 17/05/2018, 10:25 WIB
Info grafis peran guru menghadapi era industri 4.0 Dok. Kemdikbud.riInfo grafis peran guru menghadapi era industri 4.0

KOMPAS.com - Di era digital ketika para siswa telah memiliki akses informasi yang sangat luas, peran guru kini dituntut lebih dari sekadar sumber infomasi.

"Peran pendidik seperti yang pernah disampaikan Ki Hadjar Dewantara masih sangat relevan dalam menghadapi era industri 4.0," kata Rektor Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dr. Ninok Leksono MA.

Lalu, bagaimana bagaimana transformasi peran guru di sekolah dapat dilakukan?

Setidaknya ada 5 peran guru yang harus dikuatkan dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), seperti dikutip dari akun resmi instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yakni:

1. Pengajar

Guru mampu menyampaikan mata pelajaran agar dimengerti dan di dipahami oleh siswa.

2. Katalisator

Guru diharapkan mampu untuk mengindentifikasi, menggali dan mengoptimalkan potensi anak didik.

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Dilakukan Sekolah Hadapi Bahaya Terorisme

3. 'Penjaga gawang'

Guru membantu anak didik untuk mampu menyaring pengaruh-pengaruh negatif yang ada di lingkungan, termasuk di dunia maya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X