Bagaimana Guru Mendukung Siswa Selama Ramadhan?

Kompas.com - 21/05/2018, 20:21 WIB
Ilustrasi Ramadhan WebneelIlustrasi Ramadhan

KOMPAS.com - Bagi sekolah sangat penting untuk memberi dukungan bagi siswa dalam mengembangkan seluruh aspek nilai kehidupan, termasuk kehidupan beragama.

Ramadhan bisa menjadi bulan yang 'sulit' bagi para siswa yang harus melalui hari sekolah normal dengan berpuasa.

Lalu bagaimana guru dapat memberi dukungan kepada siswa dalam melewati bulan Ramadhan selama masa sekolah?

Dikutip dari di pbs.org, kolumnis pendidikan Rusul Alrubail memberikan tips bagaimana guru dapat memberikan dukungan kepada siswa selama bulan Ramadhan:

1. Memahami

Salah satu pilar penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung dan nyaman bagi siswa berpuasa di Ramadhan adalah untuk saling belajar tentang makna Ramadhan itu sendiri. Banyak guru dan teman sekelas mungkin kurang memahami makna Ramadhan. Sangat penting untuk memperdalam pemahaman guru dan siswa tentang makna bulan Ramadhan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jokowi: Bersihkan Lembaga Pendidikan dari Ideologi Sesat Terorisme

2. Memberi Ruang

Waktu makan siang mungkin merupakan salah satu periode tersulit yang harus dijalani siswa saat berpuasa. Sikap toleransi dapat diajarkan kepada siswa terutama bagi siswa yang tidak berpuasa untuk saling menghargai mereka yang berpuasa.

Akan sangat membantu bila guru memberikan ruang khusus yang nyaman bagi siswa yang berpuasa selama istirahat makan siang. Dalam ruangan tersebut dapat disediakan beberapa buku, majalah, dan hal-hal lain untuk membuat siswa sibuk.

Tentu saja, ini kembali kepada siswa apakah mereka memilih untuk pergi ke sana atau tidak, tetapi memiliki tempat seperti ini sebagai pilihan, bahkan untuk siswa yang tidak berpuasa, akan sangat bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.