5 Tips Belajar Bahasa Asing secara Daring - Kompas.com

5 Tips Belajar Bahasa Asing secara Daring

Kompas.com - 22/05/2018, 19:14 WIB
Ilustrasi Belajar bahasa asing secara daring.Dok. Bahaso Ilustrasi Belajar bahasa asing secara daring.

KOMPAS.com - Di era global, Bahasa Inggris sudah menjadi syarat mutlak yang tidak dapat dihindari. Bukan hanya sebagai bahasa pergaulan, Bahasa Inggris juga menjadi syarat bagi mereka yang ingin meniti karir secara global.

Untungnya, pembelajaran Bahasa Inggris secara daring atau online kini telah banyak tersedia. Ada banyak referensi pembelajaran bahasa online yang dapat dengan mudah kita temui di dunia maya.

"Pembelajaran Bahasa Inggris daring relatif lebih murah, lebih fleksible dalam hal waktu dan tempat. Apalagi untuk orang kerja atau anak kuliahan yang waktunya terbatas," jelas Siska Indah Pratiwi, Growth Manager Bahaso, salah perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri sejak 2015.

Bahaso sendiri merupakan platform pembelajaran online interaktif multimedia yang menyediakan pembelajaran daring Bahasa Inggris dan Mandarin.

Masyarakat sekarang terutama generasi milenial sudah tidak bisa dilepaskan dari gawai, tambah Siska. Dalam ini, penggunaan gawai dan internet untuk pembelajaran digital memiliki arti dan dampak yang positif, jelasnya. 

Namun, zaman instan bukan berarti pembelajaran Bahasa Inggris pun dapat dilakukan secara 'instan'. Tetap dibutuhkan proses hingga seseorang menguasai apa yang sudah ia pelajari.

Baca juga: Membuka Akses Literasi Pembelajaran Digital

Berikut beberapa tips agar belajar Bahasa Inggris secara online dapat memberikan hasil yang maksimal:

1. Koneksi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah koneksi internet. Tentunya akan sangat menggangu pembelajaran dan juga semangat bila koneksi internet terganggu. Untuk menguji, cara mudah bisa dengan membuka youtube. Bila kalau gak buffering berarti koneksi internetmu bagus

2. Dedikasi waktu

Walaupun belajar daring dapat dilakukan kapan dan di mana saja, belajar Bahasa Inggris daring perlu tetap meluangkan waktu secara khusus. Tujuannya agar tetap fokus dan efektif. Carilah tempat yang nyaman dan bisa di mana saja.

Namun upayakan untuk berkomitmen untuk fokus belajar minimal selama 15 menit. Jangan sampai di tengah proses belajar tergoda untuk mengintip status di media sosial atau terganggu dengan melakukan hal lain.

3. Latihan "mendengarkan"

Penggunaan alat bantu penyuara telinga (Earphone) atau perangkat jemala (Headset) dalam latihan mendengarkan atau "Listening English" akan sangat membantu lebih fokus dalam belajar.

Materi latihan "Listening English" dapat dipilih seperti yang ditawarkan Bahaso menggunakan 'native teacher' atau guru 'asli' berbahasa Inggris agar semakin fasih dan percaya diri.

4. Aktifkan fitur “Spell Check”

Fitur "cek ejaan" atau "spell check" di perangkat gawai (gadget) atau laptop akan sangat berguna dalam belajar untuk mengurangi kesalahan ejaan. Biasakan pula mencatat kata baru sehingga akan menambah kosa bahasa Inggris lebih banyak lagi.

Hati-hati bila hendak belajar Bahasa Inggris daring lewat lagu atau film. Ada beberapa lagu atau film yang mengesampingkan tata bahasa agar lebih enak terdengar. Misal, lagu Justin Bieber “my mama don’t like you” tata bahasa yang benar adalah “my mama doesn’t like you”.

Melatih tata bahasa Inggris yang baik justru bisa didapatkan melalui buku atau bahan bacaan berbahasa Inggris misal melalui ebook atau artikel bahasa Inggris.

5. Latihan dan praktik

Kunci utama dalam belajar Bahasa Inggris adalah latihan dan juga praktek. Cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan mencari teman atau bicara daring untuk berlatih melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris.



Close Ads X