Kompas.com - 23/05/2018, 22:35 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) meminta perguruan tinggi (PT) dan Kawasan Sains dan Teknologi (KST) atau Science and Techno Park (STP) untuk membantu perusahaan perintis (start up) teknologi setempat dari berbagai bidang termasuk pemasaran, finansial, dan produksi.

Peran ini termasuk amanah dari pemerintah saat ini, seperti disampaikan Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Program Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi (23/5/2018).

STP pada dasarnya memiliki banyak peran, termasuk pengujian laboratorium, pameran produk penelitian, namun pemerintah mulai memfokuskan STP pada membimbing perusahaan printis berbasis teknologi.

Terkait dengan layanan inkubasi bisnis di STP, Patdono memastikan peserta perusahaan perintis akan didukung secara komprehensif.

“Inkubator harus bisa membantu bagaimana starts up membuat rencana bisnis yang bagus, termasuk modelnya dan nilai tambah yang diberikan kepada pelanggan. Kemudian bagaimana rencana strategisnya, rencana pemasarannya, dan rencana produksinya,” ungkap Patdono dikutip dari laman resmi web Kemenristekdikti.

Selain dukungan dalam perencanaan, inkubator pada perguruan tinggi dan STP juga membantu mencari pendanaan bagi perusahaan pemula.

 

Pelatihan ini diikuti oleh inkubator bisnis dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang mendapatkan Bantuan Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi 2018, diantaranya meliputi UI, UGM, ITB, IPB, ITS, Unpad, Unair, Undip, dan lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.