Kompas.com - 31/05/2018, 22:43 WIB

KOMPAS.com - Sebagai bulan wajib berpuasa, Ramadhan memiliki beragam hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Sayang bila dilewatkan begitu saja, ada banyak hal yang dapat kita ajarkan pada anak di bulan Ramadhan ini.

Dikutip dari laman resmi Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Khusnul Khotimah Guru TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Banyumas memberikan beberapa hikmah Ramadan yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak:

1. Dekat dengan Tuhan

Ramadhan adalah saat tepat mengajari buah hati kita untuk lebih dekat dengan Tuhan. Ajak dan biasakan mereka ke masjid atau mushala untuk menunaikan ibadah wajib maupun sunah.

Buat anak-anak merasa lebih dekat dengan Allah dan terbiasa berada di masjid atau mushala. Dengan demikian, kita bisa berharap mereka mencintai masjid atau mushala bukan saja saat Ramadahn tapi juga selepasnya.

Baca juga: Bagaimana Guru Mendukung Siswa Selama Ramadhan

2. Mengajar disiplin

Ramadhan merupakan momen tepat untuk mengajarkan disiplin. Makan dan minum selama Ramadhan sudah terjadwal waktunya, yaitu saat sahur dan berbuka. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan pada buah hati kita untuk disiplin dalam melakukan segala aktivitas. Terlewat sedikit saja waktu saat sahur, mereka tidak bisa makan dan minum.

3. Belajar menahan keinginan 

Bulan ini menjadi momen tepat mengajari hal menahan keinginan. Selama berpuasa Ramadhan, selapar dan sehaus apapun anak-anak akan berusaha mengendalikan diri untuk tidak makan atau minum.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.