Kompas.com - 01/06/2018, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Ahli riset Amerika Prof. Howard Gardener memetakan ragam kecerdasan atau 'multiple intelligence' anak dalam 8 kategori utama. 

Menurutnya, setiap orang memilki bermacam-macam kecerdasan tetapi dengan kadar pengembangan yang berbeda. Yang di maksud kecerdasan menurut Gardener adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan.

Gardener membagi kecerdasan anak dalam 8 wilayah kecerdasan: linguistik, logika matematik, visual dan spasial, musik, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, dan naturalis.

Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, melihat perbedaan, menggolongkan, dan mengategorikan apa yang dia lihat atau jumpai di alam atau di lingkungannya.

Anak yang memiliki kecerdasan naturalis memiliki keingintahuan tinggi akan tingkah laku manusia, fenomena alam atau lingkungan, atau menunjukkan minat pada subjek yang tidak biasa seperti biologi, zoologi, botani, geologi, meteorologi, paleontologi atau astronomi. 

Ciri-ciri anak dengan kecerdasan naturalis:

1. Anak senang memelihara atau menyukai hewan ataupun tanaman.

2. Anak dapat mengenali dan membedakan nama berbagai jenis pohon, bunga dan tanaman.

3. Anak dapat menunjukkan hal – hal di lingkungannya yang dilewatkan orang lain.

4. Sangat menyukai kegiatan luar ruangan seperti berkebun, berkemah, mendaki, memancing, atau bahkan hanya duduk diam dan mengamati berbagai perubahan tidak kentara di lingkungannya.

Baca juga: Cara Orangtua Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.